Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Pemula

Bisnis Rumahan Modal Kecil – Berwirausaha sepertinya saat ini menjadi salah satu profesi yang cukup tinggi peminatnya, meskipun tinggi peminatnya tapi tidak sedikit yang patah arah saat sudah memulainya. Ternyata berwirausaha tidak semudah yang dibayangkan.

Dunia usaha memang menawarkan banyak peluang bisnis yang menjanjikan. Kita harus pandai melihat peluang yang ada di sekitar kita, karena syarat mutlak seorang entrepreneur adalah kecermatan dan ketepatannya dalam membaca peluang yang ada. Salah satunya adalah melihat peluang bisnis rumahan modal kecil.

Saat ini, bisnis rumahan modal kecil menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati, karena pelakunya tidak hanya anak muda saja bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa menjalankan bisnis rumahan modal kecil. Meskipun berbisnis, urusan rumah tangga tetap terjalankan dengan baik.

Bisnis Rumahan Modal Kecil
Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

Ada banyak jenis bisnis rumahan modal kecil yang bisa anda jalankan, mulai dari modal Rp 50.000 hingga Rp 5 juta rupiah, tentu saja disesuaikan dengan modal dan sumber daya yang kita miliki, berikut ini infobisnisusaha.com rangkum untuk anda:

1. Jualan Pulsa Elektrik

Bisnis rumahan modal kecil yang pertama adalah jualan pulsa. Sekarang ini, siapa yang tidak butuh dengan pulsa. Pulsa saat ini bahkan masuk dalam ranah kebutuhan primer. Sebagai penunjang untuk komunikasi, pulsa kini menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Anak muda sampai orang tua semuanya butuh pulsa. Kalau pun kita jual, minimal kita juga membutuhkan pulsa. Nah, kita bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan baik. Kita bisa berjualan pulsa dari orang terdekat dan tetangga sebelah. Namun pastikan jangan terlalu banyak yang berhutang. Pastikan juga jika mereka berhutang telah membayar hutang sebelumnya, agar modal bisa kita putarkan dengan baik.

Dengan modal Rp 50.000 saja kita sudah bisa berjualan pulsa. Dengan margin keuntungan antara RP 1000 dan Rp 2000, sudah cukup lumayan jika perharinya ada yang membeli 10 sampai 20 oang saja. Kita bisa mengkali-kalikan keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Kita bisa berjualan pulsa dimanapun dan kapanpun. Jadi tidak terlalu terikat oleh waktu dan tempat. Nah, Setelah dirasa punya cukup modal, kita bisa mulai membuka counter, di depaan rumah atau di ruko yang memiliki lokasi yang lebih strategis.

2. Usaha Gas Elpiji

Setelah adanya konversi penggunaan minyak tanah ke gas elpiji, kebutuhan akan isi ulang tabung gas elpiji menjadi sesuatu yang mutlak. Nah, ini bisa kita jadikan sebagai peluang bisnis rumahan modal kecil. Dengna bermodalkan tabung gas seharga Rp 120.000 untuk tabung 3 kilogram, kita bisa menyetok beberpa tabung gas, disesuaikan dengan modal yang kita miliki.

Keuntungan dari berjualan gas elpiji ini juga cukup lumayan. Bisa sampai Rp 2000 sampai Rp 6000 per tabungnya. Sebaiknya kita jualan yang tabung 3 kilo saja, karena modalnya lebih kecil ketimbang tabung berukurang 12 kilo. Kita tidak perlu kios khusus untuk berjualan tabung gas, hanya dengan meletakkannya di depan rumah.

Pastikan anda merantai tabung gas agar tidak dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

3. Buka Loundry Kiloan

Peluang bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuka loundry kiloan. Peluang usaha loundry cukup terbuka lebar. Apalagi kalau kita tinggal di sekitar kampus, perkantoran atau perumahan. Biasanya mahasiswa dan karyawan adalah target utama dari bisnis loundry.

Dengan bermodalkan mesin cuci dan setrika serta rumah yang di sulap sedemikian rupa dengan rak-rak tempat baju nantinya. Modal bisnis loundry tahap awal tidak terlalu besar berkisar Rp 2000.000 sampai Rp. 4000.000 saja. Margin keuntungan yang diperoleh cukup besar antara Rp 1000 sampai Rp 3000 perkilonya, tergantung dari harga yang kita patok.

Bisnis loundry juga tidak membutuhkan keahlian khususn, sehingga siapapun bisa menjalankan bisnis rumahan modal kecil yang satu ini, tidak terkecuali ibu rumah tangga. Bisnis loundry bisa menjadi mesin uang untuk anda, karena setelah investasi awal, investasi selanjutnya tidak terlalu besar.

4. Buka Tempat Cuci Motor

Ide bisnis rumahan modal kecil yang cocok untuk anak muda adalah membuka tempat cucian motor. Modal yang dikeluarkan hanya berkisar Rp 300.000 sampai Rp. 1000.000 saja, untuk membeli peralatan mesin penyemprot, drum dan peralatan cucian motor lainnya.

Kita bisa membuka usaha cuci motor, di teras rumah atau mendirikan tempat khusus untuk mencuci motor di pinggir jalan dengan modal beberapa lembar seng, satu katong semen dan beberapa gerobak pasir. Bisnis cuci motor cukup menjanjikan dan terbilang untung besar. Apalagi kalau kita berada di tempat yang jalanan masih berbedu dan becek.

Jika usaha cucian motor kita berkembang, saatnya untuk berekspansi membuka cucian mobil, tentu saja dengan modal yang lebih besar namun keuntungan juga lebih besar pula.

5. Jual Gorengan

Masyarakat kita sangat suka ngemil, apalagi kalau cuaca dengan dingin, ngemil menjadi salah satu pilihan yang digemari oleh masyarakat kita. Nah, ini bisa menjadi bisnis rumahan modal kecil buat kita. Kita bisa berjualan aneka gorengan di depan rumah.

Dengan modal kompor, gerobak atau stand, minyak dan bahan baku lainnya sekitar Rp. 1 sampai 3 juta rupiah. Tergantung dari tempat, karena modal yang lebih besar adalah menyediakan tempat. Kalau kita bisa mendapatkan grobok bekas, tentu modal yang kita keluarkan akan lebih kecil.

Keuntungan jualan gorengan juga cukup lumayan. Dan biasanya pembeli juga membeli dalam jumlah yang tidak sedikit sehingga keuntungan yang kita peroleh cukup lumayan. Jualan gorengan menjadi salah satu peluang bisnis rumahan modal kecil yang tidak boleh kita sia-siakan.

6. Jualan Baju

Siaa bilang jualan baju harus mengeluarkan modal besar. Karena kita bisa bekerjasama dengan dsitributor untuk menyetok baju dengan aneka modal terbaru. Kalau kita harus menyetok dengan membelinya sendiri tentu saja modal yang kita keluarkan akan sangat besar sekali, tapi kalau kita bisa bekerja sama dengan distributor, maka kita tidak perlu menyetok baju dengan modal besar.

Kita bisa bekerjasama dengan sistem bagi hasil, dimana kita menyediakan tempat atau mencari pembeli. Kita bisa berjualan baju via online atau dengan membuka toko atau bahkan langsung menawarkan kepada tetangga atau calon pembeli.

Kalau anda ingin mengetahui lebih detal tentang jualan baju secara online, silahkan simak penjelasan mengenai Panduan Bisnis Baju Online Paling Lengkap

7. Jualan Aneka Jus Buah

Ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah menjual aneka jus buah. Kesadaran akan pola hidup sehat membuat masyarakat kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi jus buah. Selain karena menyehatkan, mengkonsumsi jus buah juga dapat menghilangkan dahaga, apalagi kalau cuaca sedang terik.

Nah, anda tidak butuh modal besar untuk mulai jualan jus. Anda cukup menyediakan standi di depan rumah dan blender, serta aneka buah dan susu, maka anda sudah bisa memulai jualan jus aneka buah. Margin keuntungan jualan jus sangat besar apalagi kalau kita bejrualan di sekitar kampus, penjualan bisa lebih besar lagi.

Buah yang digemari biasanya buah alpukat, mangga, jeruk, buah naga, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi kalau kita menyediakan banya variasi buah, agar tidak cepat busuk, kita bisa menyimpannya di kulkas.

9. Bisnis Aneka Cemilan Keripik

Peluang bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuat aneka kripik renyah. Kripik menjadi salah satu cemilan yang digemari oleh banyak orang, terutama kalangan ibu-ibu dan remaja. Kita bisa membuat aneka cemilan kripik renyah berbahan dasar ubi kayu, nangka, bayam dan lain sebagainya.

Untuk bisnis cemilan kripik ini bisa kita stok di berbagai kedai, rumah makan, sampai mini market jika kita bisa mengemas camilan dengan baik. Untuk infromasi seputar bisnis rumaha modal kecil berupa makanan ringan bisa anda lihat pada artikel sebelumnya,: 16 Usaha Makanan Ringan Rumahan Modal Kecil

10. Buka Warung Mie Ayam atau Bakso

Siapa sih yang tidak suka mie ayam atau bakso. Mie ayam atau bakso merupakan panganan semua kalangan, kalangan atas sampai kalangan bawah semua suka mie ayam atau bakso. Nah, ini tentu bisa menjadi peluang usaha untuk kita.

Biasanya modal untuk membuka warung mie ayam atau bakso besar pada penyediaan tempatnya. Ternyata ini bisa disiasati dengan menyulap ters kita menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong sambil menikmati semangkuk mie ayam atau bakso.

Modal yang kita butuhkan selanjutnya adalah menyediakan berbagai perlengkapan dandang, piring, mangkuk, sendok, aneka bahan bakso atau mie ayam serta meja kursi. Modal yang kita butuhkan sekitar Rp 2 sampai Rp 4 juta rupiah saja.

11. Jualan Minyak Tanah atau Bensin dan Solar

Ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah jualan minyak tanah atau minyak bensi dan solar. Meskipun sepertinya sangat remeh temah namun bisnis jualan minyak cukup menguntungkan. Margin keuntungan bisa mencapai Rp 1000 sampai Rp 3000 perliternya.

12. Usaha Panganan untuk Sarapan Pagi

Membuka kedai sarapan juga bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan untuk anda. Anda bisa menyulap teras rumah menjadi tempat sarapan para pekerja, siswa, mahasiswa atau oran-orang yang sedang keluar mencari tempat sarapan.

Kita bisa membuat lontong sayur, pecal, gado-gado, sampai nasi goreng untuk sarapan. Selain itu, kita juga bisa menjajakkan aneka gorengan untuk menemai sarapan pembeli, selain itu anda juga bisa menjajakkan aneka minuman hangat, seperti teh hangat, kopi, kopi susu, teh telur dan lain sebagainya.

Karena kesibukan baik itu suami atau istri karena sama-sama sebagai karyawan pastilah membuat mereka tidak sempat untuk membuat sarapan pagi. Nah ini tentu akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda.

13. Pembayaran Token (Listrik, PDAM, dan sebagainya)

Ide bisnis rumahan modal kecil yang menguntung sealanjutnya adalah membuka loket pembayaran listrik, PDAM dan tagihan lainnya, bahkan ktia juga bisa membuka agen perjalanan. Kini sudah banyak pengembang yang mengajak anda untuk bekerjasama sebagai downline mereka.

Bisnis ini sangat menjanjikan karena konsumen kini cenderung lebih ingin yang simpel dan cepat apalagi kalau bisa dilakuak ndi sebuelah rumah, pastilah mereka akan lebih memilih anda ketimbang harus pergi jauh-jauh untuk membayar berbagai tagihan mereka.

14. Jahit Pakaian

Peluang bisnis rumahan modal kecil yang selanjutnya adalah menjahit aneka pakaian pria dan wanita serta seragam untuk sekolah. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak akan pernah berkurang, kedepannya kebutuhan akan pakaian akan terus meningkat apalagi dengan jumlah penduduk yang terus bertambah.

Untuk membuka tempat menjahit memang kita butuh skill yang mempuni. Untuk bisa memiliki kemampuan menjahit yang bagus kita tentu harus belajar, kursus atau privat.

Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, butuh mesin jahit seharga Rp 1500.000 sampai Rp 3000.000 tergantung dari kualitas mesin jahit yang kita beli. Selain itu kita juga butuh mesin obras yang harganya juga berkisar seperti mesin jahit. Kita juga butuh kain dan benang serta perlengkapan lainnya, yang kalau ditotal kita butuh sekitar Rp 4000.000 untuk modal awal membuka usaha menjahit pakaian.

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuka usaha jahit pakaian? Kalau usaha anda sudah berjalan dan lancar, maka anda bisa mulai ekspansi ke sekolah-sekolah untuk menjajakkan pakaian seragam.

15. Buka Salon Kecil-kecilan

Bagi pria maupun wanita, usaha salon juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Modal yang dibutuhkan sangat kecil sekali, gunting, mesin cukur, silet, semprot, kaca cermin dan peralatan lainnya yang tidak mahal harganya. Yang mahal adalah skill memotong rambut.

Untuk tahap awal, anda bisa membuka salon di rumah saja dengan memanfaatkan teras, garasi atau ruang tamu juga bisa. Setelah usaha anda berjalan dan menampakkan hasilnya, baru anda mulai menyewa ruko dan kemudia mempekerjakan karyawan dan anda siap menjadi bosnya.

16. Ternak Unggas

Ternak unggas juga menjadi salah satu peluang bisnis rumahan modal kecil yang menjanjikan. Dengan mengandalkan makanan sisa yang tidak kita makan serta dedak yang harganya murah meriah, kita bisa menernakkan ayam, bebek, entok, anga dan ungga lainnya.

Kita bisa menjual unggas tersebut atau menjual telurnya ke pasaran. Menernak unggas itu gampang-gampnag susah. Yang jelas kita harus telaten yang sering-sering embersihkan kandang agar unggas selalu sehat.

Kebutuhan akan ayam kampung juga terus meningkat. Jika dirasa produksi unggas kita sudah stabil dan banyak, kita bisa mulai menyetok ke rumah makan dan restoran yang ada di sekitar kota kita.

18. Ternak Ikan

Selain ternak unggas, kita juga bisa membuat kolam dari terpal atau lebih baik lagi kalau kita punya kolam tanah untuk ternak ikan. Kita bisa mulai ternak lele, nila atau ikan mas. Untuk ikan yang lebih mudah diternak adalah ikan lele karena relatif lebih tahan terhadap lingkungan yang kurang baik sekalipun.

Untuk ternak ikan, kita bisa mulai dengan membuat kolam di terpal jika tidak punya kolam tanah untuk budidaya. Untuk masa panen lele biasanya 3-5 bulan, nilai atau ikan mas 5 – 7 bulan, tergantung ukuran yang kita inginkan. Untuk ternak lele sendiri, biaya yang banyak dihabiskan adalah untuk menyediakan pakan. Dengan pakan 1 kg biasanya menghasilkan daging 1 kilo, jadi bisa kita hitung-hitung modal yang akan kita keluarga dari budidaya lele yang akan kita lakukan.

19. Bimbel dan Privat

Kalau anda punya basic pendidikan yang baik atau anda punya riwayat mengikuti olimpiade maka ini bisa dijadikan sebagai sumber pamsukan yang tidak sedikit. Kita bisa membuka les privat atau bimbel di rumah. Les privat atau bimbil biasanya menargetkan siswa SD sampai SMP.

Modalnya pun bisa dibilang tidak ada, paling kita butuh buku pelajaran untuk melihat pelajaran di sekolah yang mereka dapatkan. Jadi les privat termasuk ide bisnis rumahan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa sampai sarjana sekalipun.

20. Service Laptop

Anda mahir otak-atik laptop? Wah ini tentu bisa menjadi sumber pemasukkan yang tidak sedikit. Kalaupun anda tidak punya keahlian untuk service laptop anda bisa mengikuti berbagai traning atau kursus service laptop. Saat ini hampir semua mahasiswa dan karyawan membutuhkan laptop untuk menujang kerja dan belajar mereka.

Nah, setelah sekian lama pemakaian serta pemakaian yang terus menerus bisa membuat laptop rusak atau nge-hang, selain itu anda juga bisa menawarkan jasa instalasi laptop sampai memasang berbagai aplikasi untuk menunjang kerja dan belajar mahasiswa dan karyawan.

21. Jual Beli Barang Bekas

Ide bisnis rumahan modal kecil yang menjanjikan selanjutnya adalah jual beli barang bekas. Disini anda bisa berperan sebagai broker atau perantara juga bisa langsung membeli dari orang lain kemudian anda jualkan kembali. Berbagai barang bekas bisa kita jual seperti kendaraan, kardus, plastik, sampai pakaian.

Selain menjualnya secara langsung anda juga bisa menjualnya secara online, karena ada banyak situs jual beli yang memungkinkan kita untuk menjual berbagai barang baru ataupun bekas. Anda bisa membuka lapak di olx.co.id, FJB.kaskus.co.id atau bukalapak.com.

Disana kita bisa membuat etalase barang-barang secara gratis. Sebelum kita jualan disana, kita harus membangun reputasi sebagai penjual terpercaya. Kalau di Kaskus sebaiknya anda posting-posting ikut ngobrol dan sebagainya hingga anda punya jumlah posting yang banyak.

Setelah kita punya reputasi yang bagus maka dengan mudah pembeli akan percaya dengan kita.

22. Jualan Burger

Peluang bisnis rumahan modal kecil yang selanjutnya adalah jualan burger. Dengan modal Rp 3 sampai 5 juta, kita sudah bisa berjualan burger dengan sistem franchise atau waralaba. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di: 56 Ide Bisnis Franchise Terbaru dan Paling Laris

23. Service AC

Service AC juga termasuk bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan, apalgi kalau kita tinggal di dekat kawasan elit atau perkantoran, biasanya AC butuh dirawat atau dibersihkan agar bisa dingin seperti baru lagi. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar, kita butuh mesin pemberish AC antara Rp. 1.350.000 dan lebih mahal dari itu.

Selanjutnya, setelah kita punya mesin pembersih AC kita hanya butuh tenaga untuk membersihkan AC di rumah-rumah atau perkantoran. Kita tidak butuh modal banyak memulainya.

24. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias juga bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak besar, kita bisa memulainya dengan melakukan rekayasa tanaman, apakah itu stek, okulasi cangkok dan lain sebagainya.

25. Bisnis Sayuran

Sayuran menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kita bisa memulainya dengan cara menanamnya sendiri atau dengan menjadi makelar dengan mengambil sayur dari petani yang kemudian kita jual lagi di pasar.

Bisnis sayuran memang penuh resiko, seperti tidak laku kemudian layu dan busuk hingga susut. Nah, untuk mensiasatinya anda sebaiknya memulai dengan menyetok atau menjual sayur dalam jumlah yang sedikit, setelah kita punya pelanggan yang cukup banyak kita bisa menambah sayur secara perlahan.

26. Bisnis Online

Nah, ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah bisnis online. Bisnis online tidak butuh modal banyak untuk memulainya. Kalau kita punya banyak modal lebih bagus lagi. Bahkan ada bisnis online yang tidak butuh modal, seperti dropshopping pakaian, sepatu atau keperluan lainnya. Ada juga iklan PTC yang tidak butuh modal dengan memanfaatkan fasilitas Blogger.com dan masih ada banyak lagi ide bisnis oneline yang lainnya.

Nah, untuk penjelasan lebih rinci, sudah kami buatkan satu artikel khusus, silahkan lihat di 33 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Nah, bagaimana? Kira-kira bisnis mana yang akan anda geluti. Ada banyak sekali bukan, sebaiknya untuk pemula membuka satu jenis usaha terlebih dahulu, jika sudah berjalan dan membuahkan hasil baru bisa kita ekspansi ke bisnis lainnya.

Itulah rekomendasi bisnis rumahan modal kecil dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menjadi ladang rezeki untuk anda semua. Baca juga 24 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan

One thought on “Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *