Bisnis Ikan Hias Kecil Kecilan, Meraih Untung Besar Besaran

Usaha Ikan Hias – Ada sangat banyak peluang usaha kecil menengah (UKM) yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu contoh usaha tersebut adalah usaha ikan hias air tawar.

Usaha ikan hias air tawar ini tergolong sebagai usaha yang menjanjikan, selain itu usaha ini juga sangat mudah dijalankan dan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Ditambah lagi bisnis ini juga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, dengan lahan terbatas kamu bisa memulai menjalankan bisnis ini. So, apakah kamu tidak ingin mencobanya?

Jika kamu berhasil mengembangkan bisnis ini, kamu tidak hanya bisa menjadikannya sekedar sebagai bisnis sampingan, melainkan juga sebagai bisnis utama kamu. Bagaimana tidak? Dari berbagai macam jenis ikan, ada juga ikan yang nilainya hingga jutaan rupiah per ekornya. Apalagi jika ikan jenis itu mampu kamu budidayakan sendiri. Tentu akan sangat menggiurkan bukan?

Usaha ikan Hias
Ilustrasi: Usaha ikan Hias

Peluang Bisnis Usaha Ikan Hias

Berdasarkan perhitungan minimal, kamu hanya membutuhkan tempat seluas 9 meter persegi untuk menata dagangan sekaligus pembudidayaan ikan hiasnya. Namun, dengan sekecil itu, dibutuhkan keahlian menata aquarium ikan-ikan hiasmu.

Secara umum, memelihara ikan tergolong mudah dan sederhana. Adapun tantangan dalam menjalankan bisnis ini adalah lebih kepada permasalahan teknis. Misal, untuk ikan yang berjenis petarung, usahakan tidak meletakkannya pada tempat yang berdekatan. Oleh karena itu, kamu harus memahami karakteristik semua jenis ikan yang kamu jual. Untuk ikan yang karakternya tidak petarung, kamu bisa meletakkannya dalam satu aquarium.

Membiakkan Ikan Hias Sendiri

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis ikan hias air tawar ini. Beberapa hal ini perlu diperhatikan agar usahamu bisa benar-benar menjadi usaha yang diandalkan. Mengapa demikian? Karena bisnis ikan hias juga merupakan kegiatan pemeliharaan kehidupan. Memilihara kehisupan tentu memerlukan kiat-kiat dan keterampilan khusus agar kehisupan yang berlangsung bisa optimal dan berkualitas.

1. Tempat pemeliharaan

Ikan merupakan makhluk hidup yang hidup di air, oleh karena itu memnyiapkan tempat hisup merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan. Untuk itu, kamu harus mampu memilih aquarium yang cocok dengan ikan yang kamu pelihara.

Pilih aquarium jenis memanjang yang bisa kamu beri sekat-sekat untuk ikan-ikan jenis predator atau petarung. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran ikan dan aquarium agar proporsional. Siapkan pula beberapa aquarium untuk memisahkan aktivitas ikan seperti penjodohan, pemijatan, dan pembesaran.

2. Fokus pada jenis yang sama

Hal ini dikhususkan buat anda yang hanya memiliki modal yang terbilang kecil. Mengapa demikian? Jika anda hanya memiliki modal terbatas, sebaiknya fokuslah pada jenis ikan yang sama saja untuk memudahkan pemeliharaan. Hal tersebut sangat penting karena setiap jenis ikan memiliki karakter-karakter yang berbeda, sehingga jika kamu memelihara banyak jenis ikan, tentu akan menyulitkan kamu sendiri.

3. Memahami teknik pembiakan

Memahami teknik pembiakan mutlak dibutuhkan agar kamu bisa mengembangkan bisnis ikanmu dengan mengandalkan pembudidayaanmu sendiri. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan suhu udara dan juga ph air yang tepat.

Ada jenis ikan yang membutuhkan waktu lama untuk perjodohan dan juga terkadang bahkan juga membutuhkan suntikan hormone. Hal-hal seperti inilah yang sangat penting untuk kamu ketahui agar bisa sukses dalam mengembangkan bisnis ikan hias.

Memulai Usaha Ikan Hias

Agar usaha yang anda rintis tidak gulung tikar di tengah jalan, sebaiknya anda jangan setengah-setengah, fokus dan konsisten kuncinya. Berikut ini beberapa kiat untuk memulai usaha ikan hias yang harus anda perhatikan:

1. Tempat Memulai Bisnis

Untuk memulai usaha ikan hias, tempat usaha menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat penting. Sebaiknya anda membuka gerai anda di tempat-tempat yang ramai orang berlalu lalang.

Selain itu, usahakan juga anda memiliki relasi pecinta ikan hias maupun penggagas komunitasnya. Dengan begitu, akan memberikan peluang tambahan bagi anda untuk usaha dan berkembang.

2. Pangsa Pasar Ikan Hias

Ikan hias memiliki penggemar fanatik, selain itu ikan yang keren ini juga biasanya disenangi oleh anak-anak. Penghobi ikan hias ini biasanya rela mengeluarkan uang berapapun untuk mendapatkan ikan hias yang disukainya.

Namun anda harus mencoba mengerti tentang keinginan konsumen dan wawasan lebih mengenai ikan hias agar mendapatkan kriteria hingga langkah tepat untuk memulai usaha ikan hias ini.

3. Pemasaran ikan hias

Memang, ikan hias ini bukanlah ikan konsumsi sehari-hari sehingga pembelinya biasanya adalah mereka yang memiliki ketertarikan secara personal terhadap ikan. Karena tidak semua orang menyukai jenis ikan, maka kamu perlu mempertimbangkan tempat membuka bisnismu terlebih dahulu sebelum membuka bisnis. Hal tersebut sangat penting agar bisnis kamu bisa cepat berkembang dan laku di pasaran.

Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis ini lingkungan sekolahan. Hal tersebut dikarenakan umumnya anak sekolah sangat menyukai ikan.  Dengan begitu, peluang usahamu untuk berkembang dan laku di pasaran akan semakin terbuka lebar.

Jenis Ikan Hias yang Banyak Peminatnya!

Ikan hias memiliki banyak jenis, anda tidak dianjurkan untuk menjual seluruh jenis ikan hias ini. Sebaiknya anda menawarkan jenis ikan hias dibawah ini:

1. Ikan Guppy

Untuk jenis ikan yang pertama adalah ikan Guppy. Ikan hias yang satu ini cukup mudah untuk dibudidayakan. Dan yang lebih penting lagi, ikan ini sekali lahiran dapat menghasilkan sekitar 20-100 anak.  Jika Anda memiliki tempat yang sempit maka gunakanlah aquarium dengan ukuran yang kecil. Budidaya guppy juga sangat sedikit menghasilkan limbah / kotoran, sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu membersihkannya.

2. Ikan Cupang

Selain ikan guppy, ikan cupang juga menjadi salah satu primadona banyak orang. Jenis ikan cupang ini cocok untuk dipilih bagi anda yang baru dalam bisnis ikan hias. Budidaya ikan ini juga tidak sulit, anda cukup dengan menempatkan kedua indukan ke dalam suatu wadah besar dan biarkan beberapa hari. Setelah beranak maka Anda harus segera memindahkan kedua indukan agar tidak memakan anak – anaknya.

Bahkan, budidaya ikan cupang juga tidak membutuhkan pompa aquarium pemasok oksigen. Hal ini dikarenakan ikan cupang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap kondisi yang minim oksigen. Pisahkan cupang jantan dan jangan disatukan dalam satu aquarium. Karena cupang jantan mempunyai sifat yang sangat agresif. Ikan cupang termasuk ikan hias yang sangat legendaris dan mempunyai banyak penggemar. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha ikan hias jenis cupang ini.

3. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki juga memiliki banyak penggemar. Ikan mas koki ini sangat cepat berkembang biaknya. Anda bisa memulai memelihara ikan jenis ini pada kolam – kolam dengan kedalaman 30 – 60 cm. Jagalah kondisi air tetap bersih dan pasokan oksigennya tetap terjaga.

Ikan dengan keindahan yang memikat ini biasanya menjadi salah satu penghuni aquarium di rumah-rumah. Meskipun ada beberapa jenis ikan koki yang mampu hidup dalam kadar oksigen rendah akan tetapi Anda harus tetap menjaga kebersihan airnya agar ikan koki tidak mati. Untuk menambah kadar keindahan aquarium ikan koki, Anda bisa mencampurnya dengan jenis ikan lain misalnya ikan guppy.

4. Ikan Discus

Rekomendasi jenis ikan hias air tawar yang terakhir adalah ikan discus. Ikan ini konon berasal dari amazon, Amerika Serikat. Ikan ini juga sangat indah dengan beragam warna yang menarik. Ikan discus sendiri memilii bentuk pipih mirip piringan cakram. Ikan discus hanya cocok untuk Anda budidayakan pada suhu antara 25 – 30 derajat celcius. Jadi Anda harus memastikan kondisi ruangan dan aquarium selalu dalam kondisi tersebut jika ingin usaha ikan hias jenis discus.

Bagaimana? Kira-kira jenis ikan mana yang akan anda pasarkan? Bagaimana kalau semuanya? Tidak ada salahnya juga kalau kita membudidayakan semua jenis ikan air tawar tersebut, karena jenis tersebut memiliki penggemarnya masing-masing.

Namun setelah kita mengetahui kondisi pasar ada baiknya kalau kita lebih fokus pada beberapa jenis saja dahulu.

Demikianlah uraian singkat tentang peluang bisnis usaha ikan hias air tawar yang bisa kami rangkum untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan untuk anda yang ingin membuka usaha ikan hias air tawar sendiri. Jangan lewatkan juga: 12 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Mudah Dijalankan

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *