Cara Bisnis Properti yang Benar

Bisnis Properti – Saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi, yang artinya Indonesia sedang didominasi oleh usia muda. Anak-anak muda Indonesia ini lah yang akan memimpin negeri ini dalam beberapa dekade kedepan. Dengan adanya bonus demografi ini bisa menjadi nilai plus bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Tentu saja bonus demografi ini harus dikelola dengan baik. Jika tidak terkeloladengan baik justru akan menjadi beban yang memberatkan perekonomian bangsa kita. Salah satu caranya adalah dengan investasi pendidikan. Investasi pendidikan yang baik akan memberikan arah yang baik  pula bagi perkembangan Indonesia.

Jika kita berbicara mengenai bisnis, terutama bisnis properti maka bonus demografi ini merupakan peluang bisnis properti yang sangat luar biasa. Bisnis properti berupa Perumahan kedepan akan menjadi peluang bisnis yang sangat luar biasa. Anak-anak muda Ini membutuhkan tempat tinggal yang layak untuk keluarga kecil mereka. Program pemerintah yang menunjang bisnis properti juga sudah mulai digalakkan seperti adanya rumah subsidi.

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal
Bisnis Properti

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Bagaimana kira-kira anda tertarik dengan bisnis properti? Berikut ini beberapa cara memulai bisnis properti tanpa modal:

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Bagi Hasil

  1. Cara pertama untuk memulai bisnis properti tanpa modal adalah dengan bekerjasama dengan pemilik lahan yang mau diajak kerjasama. Memang agak sulit untuk menemukan orang yang mau diajak kerjasama, namun jika anda memiliki reputasi yang baik dan memiliki proposal yang jelas serta prospek usaha yang mantap, siapapun pasti tertaik untuk anda jaka bekerjasama.
  2. Setelah menemukan orang yang mau bekerjasama, selanjutnya anda mencari mencari arsitek untuk membuat desain bangunan. Kalau untuk masalah ini cukup mudah, karena anda bisa bekerjsama dengan mahasiswa arsitek, atau sipil tingkat akhir yang mengerti dengan desain bangunan.
  3. Jika dua hal di atas sudah anda dapatkan, selanjutnya adalah menemukan kontraktor atau investor yang mau membangunya.
  4. Setelah semua hal teknis di atas selesai, langkah selanjutnya adalah menemukan klien yang mau membeli rumah kita. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, orang-orang kini sedang berebut untuk memiliki rumah, terutama rumah murah.
  5. Setelah kita mendapatkan pembeli, langkan selanjutnya adalah dengan berbagi keuntungan secara adil dengan semua pihak yang bekerjasama, termasuk kita juga mendapat penghasilan hanya dengan ide yang kita gagas

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Menjadi Broker

Cara memulai bisnis properti yang kedua adalah dengan menjadi perantara atau broker. Cara ini cukup banyak dilakukan karena terbukti cukup mudah dan tanpa resiko. Kita hanya mencari rumah yang akan dijual kemudian kita temui pemili rumah tersebut. Kemudian kita sedikit bertanya-tanya mengenai harga, spek rumah, fasilitas, dan kelengkapan lainnya.
Jika informasi yang didapat sudah cukup, langkah selanjutnya kita bisa lakukan adalah memperkenalkan diri bahwa kita adalah perantara yang bisa membantu menjualkan rumah tersebut. 

Untuk memperkenalkan diri di sini adalah opsi, bisa anda sampaikan atau tidak, atau bisa juga kita sampaikan di awal pembicaraan. Langkah selanjutnya adalah kita mencari pembeli yang tertarik dengan spek rumah yang akan kita tawarkan. Mengenai harga jual tergantung dari kesepakatan, apakah kita meminta fee atau menjual rumah tersebut di atas harga dari penjual. Biasanya dalam jual beli seperti ini keuntungan untuk makelar bisa Rp 2000.000 sampai Rp 10.000.000, tergantung dari harga rumah yang kita jual.

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Membuka Website

Membuat website jual beli properti, setiap orang bisa menitipkan iklan penjualan property secara gratis, namun untuk bisa tampil dihalaman utama atau sering terlihat pengunjung maka harus memesan yang premium dengan biaya sekian rupiah.
Tidak bisa dipungkiri, pengguna website yang mencari properti semakin banyak. Hal ini bisa kita lihat dari situs-situs properti seperti rumah.com rumah123.com dan sebagainya. Situs-situs ini menyediakan informasi properti dijual diberbagai daerah. Ini bisa kita jadikan peluang untuk memulai bisnis properti kita sendiri. Langkah pertama, tentu kita harus memiliki domain berbayar supaya lebih terlihat profesional dan Kredibel.
Langkah selanjutnya adalah, kita mulai menuliskan content artikel website kita. Kemudian mengisi dengan perlengkapan website seperti form contact us, about us, our location dan lain sebagainya kira-kira dibutuhkan. Selanjutnya kita mulai memposting properti properti yang dijual di berbagai daerah, nah kita bisa mulai iklan properti dengan sistem Apakah share profit atau fee dan sebagainya, tergantung term yang anda buat.
Karena cukup sulit untuk mendatangkan pengunjung kita bisa menggunakan iklan baris gratis, atau ikut berbagai forum properti di kaskus, detik, kompas dan lain sebagainya, intinya kita mendatangkan pengunjung ke web kita dengan teknik SEO.

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Menjadi Agen

Cara memulai bisnis properti tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi agen, disini kita hanya perlu membuat merek usaha untuk dikenal masyarakat. Menjadi agen properti bisa dilakukan dengan menggunakan media seperti website atau menggunakan rumah pribadi. Jika ada yang menitipkan bangunanya untuk dipasarkan maka kita bisa mendapatkan komisi dari penjualan properti tersebut.

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Menawarkan Diri

Cara memulia bisnis properti selanjutnya adalah dengan melihat peluang yang ada. Di kota atau tempat kita tinggal bisa dilihat berbagai fasilitas seperti taman yang kurang terawat, ini bisa menjadi peluang untuk kita. Kita tawarkan jasa perawatan taman.

Tips Membangun Bisnis Properti

Setelah kita tahu bagaimana cara memulai bisnis properti, langkah selanjutnya adalah kita harus tahu bagaimana cara membuat bisnis kita bertambah besar, bertahan dan mampu bersaing. Berikut ini beberapa tips membangun bisnis properti yang bisa anda lakukan.

1. Cari Informasi Terbaru

Zaman yang berkembang dengan cepat seperti sekarang ini menuntut agar kita bisa mengikutinya denga cepat. Arus informasi berubah cepat. Jangan sampai kita ketinggalan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah informasi seputar bisnis properti, seperti dengan media cetak, media internet, situs-situs properti, dan lain sebagainya.
Kita perlu mengetahui perkembangan informasi dunia properti agar wawasan kita semakin baik, sehingga ketika kita berbicara dengan siapa pun kita menjadi orang yang benar-benar ahli terutama di bidang bisnis properti. Dapatkan informasi terupdate dan terbaru jangan sampai informasi yang anda sampaikan adalah informasi beberapa bulan yang lalu.

2. Jalin Kerjasama yang Baik dengan Investor

Kita harus pandai menjalin kerjsama dengan investor, terutama bagi kita yang masih minim dalam hal pendanaan, kepercayaan menjadi hal yang mutlak. Jangan sampai investor kecewa dengan kinerja kita, hal ini akan berakibat kita masuk dalam daftar Blacklist. Kalau kita sudah masuk dalam daftar Blacklist, maka kita akan sulit untuk mencari investor lainnya.

3. Jalin Kerjasama yang baik Pihak Developer

Selain menjalin hubungan yang baik dengan investor, kita juga harus menjalin kerjasama yang baik juga dengna developer terumtama dalam hal komunikasi. Kita harus bisa berbicara dengan benar, karena salah saja kita berbicara sedikit, maka proyek bisa kacau, terutama dalam hal-hal yang berbau teknis, seperti spesifikasi rumah.

4. Maksimalkan Internet

Sebagaimana yang sudah dijawarkan di atas kita bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis properti yang kita jalankan. Manfaat dengan baik, kalaupun kita tidak pantai memanfaatkannya, kita perlu menyewa ahli untuk masalah pemasaran melalui internet, seperti dalam hal SEO, artikel dan lain sebagainya.

5. Jalin Kerjasama yang baik dengan Pembeli

Pastikan ketika kita bertemu dalam kondisi prima, penampilan OK dan kita sedang dalam mood yang baik. Jangan sampai nada bicara kita, mimi wajah kita dan intonasi bicara kita menyinggung perasaan pembeli. Kalau mereka sudah kecewa, mereka akan membuat testimoni negatif dan itu akan cepat menyebar kepada kenalan dan teman-temannya.

6. Menjadi Broker yang Jujur

Jadilah broker yang jujur, dalam dunia bisnis kejujuran adalah hal yang mahal. Kita bisa mencontoh cara berbisnisnya Aa’ Gym. Jangan sampai ada unsur penipuan. Sekali nama kita tercoreng, maka akan tercoreng selama dan akan sangat sulit sekali untuk membersihkan naman yang sudah tercoreng.

7. Sampaikan Apa Adanya, jangan Berlebihan

Sampaikan saja apa adanya, jangan berlebihan apalagi sampai berbohong. Memang dalam hal marketing terkadang ada sesuatu yang kita tutup-tutupi, nah disini kita menjadi sesuat yang berbeda dari yang lainnya, kita sampaikan apa yang ingin mereka ketahaui dengan benar, tanpa ada klise.

8. Sisihkan Uang untuk Ekspansi Bisnis

Jika usaha kita sudah mulai menampakkan hasil, jangan lupa untuk ekspansi ke bisnis properti yang lebih besar, karena saat kita sudah terjun ke bisnis properti akan semakin banyak tantangan ke depannya. Kita akan butuh penambahan karyawan dan sebagainya.

Kalau selama ini kita mengandalkan sepenuhnyaa dari investor, dari dana yang kita kumpulkan kita bisa memulai menyicil membeli peralatan konstruksi atau pengadaan alat dan sebagainya.

9. Bangun Branding Personal dan Perusahaan

Branding sangat pentin sekali, kalau dalam bahasa sekarang namanya adalah pencitraan. Memang, kita tidak menjual merek, melainkan produk. Namun produk denga kemasan yang baik tentu akan lebih mudah menarik minat pembeli. Silahkan ktia perdalam mengenai self branding.

10. Lakukan Kegiatan Amal

Kita juga pelru melakukan kegiatan amal, karena semakin banyak kita memberi akan semakin banyak kita menerima, ini adalah konsep bisnis yusuf mansyur yang tidak bisa diabaikan. Silahkan coba dan rasakan.

11. Miliki Kantor dan Manajemen yang Baik

Jika kita sudah punya cukup banyak aset, kita saatnya untuk kita manag dengan baik dan rapi.

12. Lakukan Mark Up Harga yang Tepat

Nah, untuk menentukan harga penjualan juga sangat sulit, namun bagi yang sudah berpengalaman tentu ini adalah perkara mudah. Anda harus memperhitungkan segalanya sebelum menentukan harga jual dari properti kita.

Bagaimana? Anda sudah memiliki inspirasi untuk memulai bisnis properti sendiri? Sebaiknya segera eksekusi jangan terlalu banyak emnimabng ini itu, karena biasanya justru kita tidak jadi action. Jika sudah dapat ide, perhitungkan resiko, untuk, rugi dan action, memang untuk memulai bisnis snagatlah sulit butuh perjuangan dan komitmen, namun  saat penjualan pertama sudah dilakukan, selanjutnya kita tinggal mengulang saja.
Demikianlah pandian cara memulai bisnis properti tanpa modal dan tisp mengembangkannya dari kami semoga bermanfaat untuk pengusaha mudah seperti anda. Jangan lewatkan juga 24 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan
Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

2 thoughts on “Cara Bisnis Properti yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.