Panduan Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula untuk Sukses

Cara Memulai Bisnis – Tidak banyak orang yang mau berkecimpung dan terjun dalam dunia bisnis. Ada banyak alasan kenapa orang enggan untuk berbisnis. Orang-orang kini banyak yang mengantri untuk menjadi karyawan sebuah perusahaan. Fenomena ini bisa kita lihat belakangan ini, dalam OR sebuah perusahaan, ribuan orang mengatri untuk menjadi yang dicari oleh perusahaan.

Hal ini memang tidak terlalu mengejutkan, karena tidak semua orang tahu bagaimana cara memulai bisnis. Kalaupun mereka tahu, kebanyak mereka takut memulai bisnis karena penuh resiko. Dunia bisnis hanya bisa dimasuki oleh petarung yang siap berdarah-darah untuk merintih usahanya dari nol.

Seorang wirausahawan pada awalnya akan dicemooh dan dianggap remeh temah. Perlakuan ini kerap kali dialami oleh pemula. Namun, ketika mereka sudah sukses, semua orang akan menyanjung-nyanjung. Mereka lupa bahwa dahulunya sudah mencemeehnya. Tidak sedikit juga orang silau dengan kesuksesan sebuah perusahaan, tanpa melihat perjuangan mereka pada awalnya. Kebanyakan mereka pada awalnya juga tidak tahu cara memulai bisnis yang benar. Sehingga mereka harus jatuh bangun untuk merintis usaha hingga mencapai puncak kesuksesan.

Bagi anda yang hendak masuk ke dalam dunia bisnis, harus melihat juga resiko-resiko yang akan anda hadapi, serta tantangan yang semakin berat ke depannya. Jadi jangan kita mmebayangkan bahwa bisnis itu enak, memang bisnis itu enak ketika kita sudah mencapai kesuksesan. Namun untuk sampai sukses kita akan mengalami banyak hambatan dan rintangan, dan itu semua harus semakin menguatkan langkah kita untuk mencapai tujuan yang ingin kita raih. Nah, kira-kira anda mau mulai bisnis? Sudahkah anda buat business plan yang baik. Cara memulai bisnis kita akan menentukan ke arah mana kerja kita akan kita bawa.

Panduan cara memulai bisnis hingga sukses
Cara Memulai Bisnis

Cara Memulai Bisnis untuk Pemula

Berikut ini infobisnisusaha.com rangkum panduan cara memulai bisnis yang bisa anda terapkan dan anda lakukan agar usaha yang anda rintis bisa berjalan dengan baik:

1. Bentuk Mindset

Langkah pertama yang perlu anda persiapkan adalah pola pikir. Sedikit banyak sudah saya singgung diawal tadi, bahwa dunia wirausaha penuh dengan tantangan dan hambatan yang bisa melibas habis usaha yang sudah kita bangun. Anda pernah mendengar pendiri Apple Inc dipecat dari perusahaan yang didirikannya? Atau anda pernah mendengar Aburizal Bakrie pernah jatuh dan lebih miskin daripada pengemis?

Namun semua itu bisa mereka lewati. Bagaimana caranya? Cara adalah kita jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri dengan kondisi-kondisi terburuk.

“Buatlah kemungkinan-kemungkinan terburuk untuk hasil terbarik”

Memang, kondisi di lapangan terkadang tidak seideal dan sesempurna yang sudah kita rencananakan. Maka dari itu kita harus siapkan mental baja untuk menjankan rencana bisnis kita. Dan kita harus percaya bahwa:

Allah tidak akan memberikan cobaan melebih kemampuan hambaNya (Al-Haddist)

2. Tentukan Niat

Seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya (Al-Haddist)

Dari penggalan haddist di atas menunjukan dan menuntun kita akan memiliki motivasi. Karena motivasi atau niat akan sangat menentukan kekuatan kita nantinya saat memulai bisnis. Dengan niat yang kuat anda bisa menjalankan bisnis dengan mental baja, tidak peduli dengan cemoohan. Tantangan yang anda hadapi akan semakin matang kemampuan anda dalam berbisnis.

3. Fokus pada Satu Bisnis Dulu

Salah satu penyebab gagalnya pebisnis pemula adalah karena terlalu banyak bisnis yang dijalankan. Sehingga pikiran terbagi-bagi dan tidak bisa fokus pada satu bisnis. Memiliki banyak usaha sangat disarankan namun dengan catatan anda sudah punya manajemen yang baik misalnya sudah punya karyawan, bisnis sudah bisa berjalan sendiri meskipun anda tinggalkan.

bisnis untuk mahasiswa

Fokus juga menjadi slaah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis, karena kita akan mencurahkan sepenuhnya kemampuan kita pada satu objek. Jika sekiranya bisnis anda sudah mulai berkembang maka lanjutnya dengan ekspansi ke bisnis yang lain.

Memang, ketika menjalankan bisnis mata anda akan semakin terbuka, ternyata ada banyak sekali peluang bisnis lainnya. Kalau pepatah mengatakan:

“rumput tetangga selalu lebih hijau”

Ada bisnis ini ikut, dengar bisnis ini laig ikut lagi, ada yang nawari bisnis lain jalan juga. Belum lagi bisnis yang satu jalan sudah buka bisnis yang lain lagi. Tidak fokus menjadi faktor terbesar bisnis mengalami kegagalan.

4. Mulai Bisnis yang Anda Sukai

Usahakan anda memulai dari bisnis yang anda sukai. Misalnya anda suka memeilihara burung. Buka usaha yang berhubungan dengan burung misalnya jual beli sangkar, atau anda bisa menjual makanan burung, obat-obatan burung dan sebagainya.

Jika anda suka dengan yang berbua teknolog seperti website misalnya, anda bisa membuat website kemudian ikut dalam periklanan misalnya Google Adsense. Atau jika anda suka masak dan yang berkaitan dengan dunia kuliner anda bisa membuka rumah makan atau catering.

Akan lebih mudah memulai dan mengembangkan bisnis yang sesuai dengan passion kita. Karena walaupun ada halangan nantinya tidak menjadi masalah karena kita hobi dibidang itu. Misal saja kita hobi memilihara ikan, kita bisa bisnis ikan hias atau usaha pemancingan, kalaupun nanti ikan tersebut terserang penyakit kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan.

Mulailah dari sesuatu yang anda sukai.

5. Buka Bisnis yang Anda Kuasai

Apa yang kitaa kuasai belum tentu kita sukai. Kalau senadainya kita menguasai suatu ilmu yang tidak terlalu kita sukai, kita tetap bisa menjadikannya ide bisnis. Misal kita menguasai bisa desain meskipun kita tidak suka, karena kita bisa membuat desain maka usaha percetakan bisa kita jalankan.

Karena terkadang, apa yang kita sukai itu tidak terlalu prospek di daerah kita. Misalnya, kita hobi memilihara burung, tapi karena tidak ada orang lain yang sehobi dengan kita, agak sulit juga kita mengembangkan usaha kita. Berbeda kalau kita menguasai suatu keahlian yang sangat prospek, ini bisa menjadi ide usaha yang sangat baik.

Gali potensi anda, kira-kira apa saja kemampuan anda? Anda pandai berorasi atau berbicara di depan umum, ini bisa menjadi peluang kita untuk menjadi MC, trainer dan sebagainya.

Sendainya kita menguasai pertanian, kita bisa membuka usaha jual beli bibit tanaman. Dan sebagainya.

6. Lihat Peluang Bisnis

Cara memulai bisnis yang tidak boleh anda lewatkan adalah dengan menghitung-hitung peluang bisnis yang ada. Kita harus bisa membuatnya menjadi angka-angka. Misalnya, kita tinggal di dekat kampus. Ada banyak peluang bisnis  yang bisa kita jalankan, misal usaha loundry, usaha fotokopi dan sebagainya.

Keahlian ktia dalam melihat peluang bisnis sangat menentukan kesuksesan bisnis yang akan kita mulai.

7. Baca Kekuatan Pesaing

Nah, ini juga sangat perlu kita ketahui, jangan sampai kita bersaing dengan pebisnis yang sudah mahir, sudah punya nama dan sudah punya jaringan yang sangat kuat. Biasanya kita akan kalah dengan sumber daya, kecuali kita punya sumberdaya tidak terbatas yang bisa kita berdayakan.

Kalaupun kita menjalankan bisnis sama dengan pesaing kita, buatlah sesuatu yang berbda. Buat produk anda lebih unggul dan memiliki banyak kelembihan ketimbang pesaing anda. Misal anda ingin membuka rumah makan, mungkin harganya sama, tapi anda memberikan dalam hal porsi, minuman dingin gratis, gratis lalapan dan sebagainya.

Membaca kekuatan pesaing sangat penting sebelum memulai bisnis.

8. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi yang strategis menjadi salah hal yang tidak boleh anda lupakan. Ada banyak pebisnis yang sudah mengeluarkan modal banyak tetapi ternyata usahanya kurang berjalan sebagai akibat dari lokasi yang kurang strategis.

Bisa saja anda memilih lokasi yang kurang strategis, namun anda butuh promosi yang sangat besar untuk menarik pelanggan pertama.

9. Lakukan Promosi yang Tepat

Cara memulai bisnis yang tidak kalah pentingnya adalah promosi. Memulai bisnis tanpa promosi bisa dibilang nonsen. Karena produk atau jasa yang anda tawarkan belum dikenal dan tidak diketahui kualitasnya. Maka dari itu, anda perlu melakukan promosi dan marketing yang tepat.

10. Manfaatkan Internet

Teknologi yang semakin canggih juga bisa kita manfaatkan untuk mendongkrak usaha yang kita rintis. Ada banyak fasilitas gratis dan berbayar yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan bisnis yang kita jalankan. Memanfaatkan fasilitas internet bisa menjadi salah satu cara memulai bisnis besar yang bisa bersaing dengan bisnis lainnya yang sejenis.

bisnis online gratis tanpa modal
Bisnis Online Gratis tanpa Modal

Anda bisa memanfaatkan social media untuk prmosi bisnis anda. Jangan lupa untuk memperbanyak teman dan folowwer di kaun-akun media sosial anda.

Selain memanfaatkan sosial media, anda juga bisa beriklan di Google Adword atau Fb Ads, tentu ini membutuhkan biaya. Gunakan internet untuk memulai dan mengembang bisnis anda. Baca juga: 7 Bisnis Online Gratis yang Terbukti Menghasilkan Uang

11. Buat Hal yang Berbeda

Biasnaya usaha yang kita jalankan sudah ada orang yang memulainya terlebih dahulu. Maka dari itu jangan menjiplak, anda harus bisa berkreasi membuat dan memberikan sesuatu yang berbeda kepada pelanggan anda. Misalnya anda membuka warung nasi goreng, anda bisa menambahkan TV LCD untuk nonton bareng..

Berikan sesuatu yang berbeda dari orang lain.

12. Berikan Potongan dan Diskon

Tips bisnis yang tidak boleh anda lupakan adalah dengan memberikan diskon atau promo. Promo yang sering dilakukan dan terbukti berhasil adalah makan gratsi bagi yang ulang tahun. Ide ini cukup cemerlang karena orang yang ulang tahun biasanya akan membawa serta rombongannya.

Tips cara membulai bisnis sukses ini tidak boleh anda lupakan, meskipun sepel namun sangat berefek. Apalagi kalau membuka usaha kuliner. Anda akan memiliki corong promo gratis, karena biasanya kalau makanan yang mereka makan enak, mereka akan mempromosikannya kepada teman-temannya atau mereka akan memposting di facebook dan bisa berakibat viral dan usaha anda akan cepat terkenal.

13. Pantau Perkembangan, Buat Catatan Rinci

Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan bisnis anda. Memang tips ini untuk bisnis yang sudah berjalan, namun untuk anda yang baru memulai juga sebaiknya mencatat pengeluaran untuk modal, jangan sampai uang pribadi tercampu dengan uang usaha anda, karena akan kesulitan untuk memantau untung dan rugi.

14. Lihat Kekuatan yang Anda Miliki

Cara memulai bisnis yang tidak boleh anda lupakan adalah dengan mengukur kemampuan yang anda miliki. Jangan sampai anda gagal sebelum membuka usaha karena modal yang anda miliki tidak mencukupi.

15. Jadilah Ahli di Bidang Bisnis Anda

Jadilah ahli dibidangnya, karena konsumen akan menaruh kepercayaan pada ahlinya. Misalnya anda membuka usaha penjualan bibit tanaman, pelanggan akan sangat percaya dengan anda yang berlatar belakang pertanian, atau anda memiliki keahilan dibidang pertanian.

Begitu juga seandainya anda membuka usaha reparasi motor, anda yang berasal dari jurusan otomotif akan lebih dipercayai. Begitu juga bisnis lainnya. Pelanggan akan datang kepada anda jika anda pakar dibidang tersebut.

16. Mau Belajar dari Ahlinya

Nah, salah satu cara memulai bisnis yang tidak boleh anda abaikan adalah mau belajar dari pakarnya. Anda harus memiliki mentor bisnis, karen mentor bisnis biasanya memiliki banyak pengalaman berharga yang bisa anda contoh dan anda jadikan pedoman untuk bisnis anda.

17. Mau Belajar dari Kesalahan

Cara memulai bisnis yang sangat penting lainnya adalah au belajar, baik itu belajar dari kesalah senidiri atau belajar dari kesalah orang lain yang sudah leih dahulu daripada anda.

18. Kerja Keras

Kerja keras menjadi salah satu kunci sukses dalam merintis usaha. Apalagi kalau anda kekurangan sumberdaya, modal misalnya anda harus bekerjakeras dan membuat perencanaan sematang mungkin agar ada investor yang mau menanamkan modalnya kepada anda.

Jika anda tidak mampu membayar karyawan, anda harus berjibaku sendiri sampai anda mampu menggaji karyawan.

19. Kerjasama Team

Kerjasam team juga sangat penting untuk memulai usaha, apalagi kalau usaha anda adalah usaha patungan. Buat arahan kerja yang jelas untuk masing-masing anda. Jika sudah jelas jangan lupa untuk melakukan evaluasi kinerja masing-masing supaya kesalahan yang sama tidak terulang lagi.

20. ACTION

Nah, yang paling penting dari itu semua adalah action. Karena tidak sedikit pemula berkutat itu ke itu saja, tanpa memulai langkah sedikit pun. Semakin dia membuat perencanaan semakin ‘galau’ dia karena takut gagal. Jika kita takut memulai usaha karena gagal berarti kita akan gagal, memang kesuksesaan itu sebuah pilihan, dan kegagalan adalah sebuah keniscayaan, silahkan tentukan pilihan anda.

Jika anda sudah buat perencanaa dan segala sesuatu yang dibutuhkan segeralah ekseskusi.

Itulah 20 cara memulai bisnis yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. Baca juga 24 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.