Peluang Usaha Bisnis Laundry Kiloan yang Menjanjikan!

Usaha Laundry Kiloan  saat ini tergolong salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Di wilayah perkotaan kita bisa melihat semakin banyak orang sibuk  berlomba-lomba untuk berangkat ke tempat kerja bahkan saat hari masih pagi buta.

Kondisi seperti ini sebenarnya cukup menarik untuk diperhatikan dari perspektif bisnis. Pemikirannya mungkin cukup sederhana, para pegawai kantoran yang sudah dilanda kesibukan sejak pagi hingga malam hari selama 5-6 hari dalam satu minggu.

Mereka tentunya membutuhkan waktu untuk istirahat atau bahkan berlibur. Otomatis, mereka pasti akan malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang terbilang berat, seperti mencuci pakaian. Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan, yaitu dengan membuka jasa laundry. Sederhana kan guys?

Jangan lewatkan juga: 12 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Mudah Dijalankan

Peluang Usaha Laundry Kiloan
Peluang Usaha Laundry Kiloan

Prospek Ke Depan Usaha Laundry Kiloan

Di era digitalisasi seperti sekarag ini emang menuntut kita untuk melahirkan ide cemerlang yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada beberapa hal yang pelu kamu perhatikan agar bisnis kamu bisa menjadi usaha yang menjanjikan, yaitu dengan memanfaatkan segala potensi yang bisa dikembangkan.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan jasa laundry kiloan dan juga perkembangan teknologi, ada beberapa aspek yang harus kamu improvisasi demi kelancaran bisnis dan keunggulan produk jasa yang kamu berikan.

Salah satunya yaitu pelayanan yang baik serta harga yang terjangkau. Tidak bisa dipungkiri harga bisa menjadi patokan utama pada konsumen dalam memilih tempat laundry selain kualitas cucian. Dalam segi pelayanan kamu bisa mengembangkan model penjemputan dan pengantaran.

Walau terkesan sepele, tapi pelayanan ini boleh jadi menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Selain itu kamu juga bisa memberikan jasa lain selain mencuci, misalnya jasa setrika. Jasa setrika cukup beralasan karena umumnya orang-orang di perkotaan memiliki mesin cuci yang canggih, sehingga mereka bisa mencuci tanpa harus menunggu sampai cuciannya selesai.

Dengan jasa setrika, kamu akan memberikan solusi terbaik bagi mereka-mereka yang hanya ingin menyetrika pakaiannya.

Selain jasa antar jemput dan setrika, kamu sebenarnya juga bisa menonjolkan aroma parfum yang ingin dipilih oleh konsumen. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal memberikan kolom pilihan jenis-jenis parfung yang ada di laundry kamu dan membiarkan konsumen untuk memilih wanginya.

Prospek masa depan usaha laundry kiloan ini tentu sudah terlihat jelas. Selebihnya tergantung bagaimana caramu untuk memasarkan jasa laundry yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau bahkan grup Whats App.

Dengan begitu, jasa loundy yang kamu miliki bisa dengan cepat dikenali oleh orang. Kamu juga dapat membuat kreasi dalam hal pelayanan, misalnya dengan memberikan jasa gratis bagi mereka yang sudah menjadi konsumenmu selama beberapa kali. Inovasi-inovasi seperti ini sangat penting di era ekonomi yang sangat ketat persaingannya seperti sekarang ini. Dengan begitu, kamu akan bisa mendapatkan langganan atau pelanggan setia.

Pelanggan setia membuat jasa anda semakin meningkat dan keuntungan yang dapat diraup juga semakin besar guna memperluas atau bahkan membuka cabang ditempat lain.

Berapa Modal Awal Membuka Usaha Laundy Kiloan?

Membuka usaha baru tentu tidak bisa dipisahkan dari modal awal yang harus kita sediakan. Modal bisa dibilang sebagai nafas utama menjalankan roda bisnis. Modal bisa kita dapatkan dengan joint venture, pinjaman, atau dengan modal dari kantong sendiri.

Perhitungan Modal Usaha Laundry Kiloan

Nah, kira-kira berapakah modal awal yang harus kita keluarkan untuk membuka usaha laundry kiloan ini? Berikut ini modal yang harus anda sediakan:

  • Mesin cuci kualitas sedang : Rp 2.500.000
  • Timbangan digital kapasitas 15kg : Rp 60.000
  • Ember atau bak cucian 5 buah : Rp 150.000
  • Hanger plastik sebanyak 2 gross ditambah Jepitan Baju: Rp 100.000
  • Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel: Rp 170.000
  • Rak besi siku komplit: Rp 200.000
  • Barang barang administrasi (Bulpoin, Buku nota, Kertas laporan kas, kertas karbon Hitam, buku Note, Sebuah dispenser selotip + isi selotip, isi staples, dan lainya): Rp 100.000
  • Peralatan air bersih nyuci ,Sikat Baju + Sprayer + Selang sekitar 10 m: Rp 80.000
  • Aneka pendukung cucian ( Detergen + Dan Lainya ) : Rp 60.000
  • Membuat spanduk banner (papan nama) dengan panjang 1,5m x 1 Meter : Rp. 40.000

Total modal membuka usaha laundy yang anda butuhkan sekitar Rp 3.460.000 belum termasuk pengadaan lokasi usaha, tata ruang dan branding lainnya maka kita bulatkan saja menjadi Rp 5juta.

Artikel terkait: 10 Tips Mengatur Uang yang Benar Agar Ekonomi Stabil

Potensi Penghasilan dan Keuntungan

Potensi penghasilan ini tentu disesuaikan dengan lokasi yang anda pilih. Kita asumsikan saja anda mendapatkan lokasi yang strategis seperti di sekitaran area kampus. Kita asumsikan memperoleh konsumen hingga 50Kg setiap harinya.

Dengan profit sekitar Rp 5ribu perkilonya, maka dalam sehari sudah mampu memperoleh penghasilan Rp 250.000. Maka dalam sebulan anda memperoleh sekitar Rp 7,5 juta belum dipotong biaya operasional seperti membayar karyawan serta biaya listrik dan air.

Untuk lokasi yang berbeda, maka berbeda pula perhitungan perkiraan omset yang akan anda peroleh, dimana pelanggan setiap kawasan berbeda:

  • Untuk area kampus bisa mencapai 48%
  • Pekerja 32%
  • Rumah Tangga sekitar 16%
  • Dan lain-lain sekitar 4%

Catatan Sebelum Memulai Usaha Laundry Kiloan

Agar usaha yang akan anda buka bisa berjalan dengan lancar, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, seperti:

  1. Pastikan anda mengetahui teknik mencuci dengan bena. Ketahui juga jenis kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkan dengan baik.
  2. Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang jenis noda yang menempel pada pakaian Anda, gunakan sabun pembersih yang tepat agar bisa membersihkan noda tanpa merusak warna kain.
  3. Pastikan anda menggunakan peralatan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Jika Anda baru saja memulai usaha jasa laundry, sebaiknya mengunakan peralatan yang seadanya saja yang terpenting pakaian yang di laundry bisa bersih dan juga rapi.
  4. Hitung modal dan tenaga yang akan anda gunakan, jangan sampai cost yang anda keluarkan justru lebih besar dari pemasukan nantinya.
  5. Pastikan juga anda memiliki dana saving operasional untuk tiga bulan kedepan. Hitung biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat usaha, biaya untuk membeli deterjen dan air harus diperhitungkan dengan baik.

Rintangan Usaha Jasa Laundry

Bisnis tentu tidak akan lancar-lancar saja, karena ada potenti rintangan yang bisa saja anda hadapi ke depannya, maka dari itu anda harus siapkan mental agar tidak mudah menyerah, karena memang untuk menjalankan usaha yang besar harus memulainya dari kecil terlebih dahulu. Berikut ini beberapa rintangan yang mungkin akan anda hadapi selama menjalani usaha laundry kiloan:

  1. Rintangan yang pertama tentu saja kompetitor, karena usaha yang prospek tentu saja akan diminati oleh banyak orang. Namun pesaing ini bisa anda jadikan sebagai motivasi dan lebih kreatif lagi dalam menjalankan model bisnis anda sendiri. Usahakan anda berbeda dan memiliki kelebihan ketimbang usaha laundy kiloan milik pesaing anda.
  2. Biasanya ada pelanggan butuh waktu pengerjaan yang cepat. Usahakan agar anda memanajemen usaha anda dengan benar. Kerjakan yang prioritas terlebih dahulu, kenali pelanggan anda.
  3. Rintangan yang terakhir yakni dari masyarakat itu sendiri, terutama yang memiliki mesin cuci sendiri
  4. Saingan harga
  5. Cuaca

Strategi Menjalankan Usaha Laundry Kiloan

Anda harus memiliki strategi agar usaha yang anda jalankan tidak gulung tikar, beberapa masukan dari kami yaitu:

Cari Lokasi Strategis

Sebisa mungkin pilihlah lokasi yang strategis, walau biasanya memang lebih mahal, namun lokasi yang strategis akan menentukan kelancaran bisnis anda. Usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan.

Hal itu dikarenakan biasanya orang yang tinggal di lokasi itu tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, oleh karenanya biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

Harga yang Bersaing

Jangan terlalu tinggi mematok harga. Biarlah murah asalkan perputaran uang lebih cepat. Karena biasanya kalau harga terlalu tinggi pelanggan anda malas untuk kembali lagi.

Service Excellent

Kesan pertama adalah segala selanjutnya terserah anda, itu adalah slogan untuk pentingnya kesan pertama. Selain kesan pertama pelayanan yang selanjutnya juga harus prima.

Karena walaupun usaha anda murah dan bagus, tetapi karena pelayanan anda buruk, dan anda tidak ramah, maka calon pelanggan anda akan kabur dan merasa tidak dihargai.

Layani pelanggan anda seperti raja, beri mereka service plus. Misal memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput, ketepatan waktu, dan yang paling sederhana adalah dengan memberikan senyuman terbaik anda.

Kualitas OK!

Pastikan juga bahwa kerjaan anda itu sempurna dan tidak asal-asalan. Pelajarilah bagaimana teknik mencuci yang benar. Pisahkan pakaian yang kotor atau berwarna gelap dengan pakaian putih dan berwarna cerah. Hal ini sangat penting bila hasil cucian baik, bersih dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda.

Cari Tenaga Kerja

Setelah usaha anda dirasa mulai agak stabil, mulailah untuk mencari tenaga kerja yang memiliki loyalitas yang baik. Cari karyawan bagian administrasi dengan bagian cuci, agar waktu kerja mereka bisa efektif.

***

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin segera membuka usaha laundry anda sendiri? Tunggu apalagi, segera kumpulkan modal, cari lokasi dan siapkan peralatan yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat ya. Ayo jadi pengusaha.

Baca juga: 25 Ide Usaha Kecil Menengah yang Bisa Anda Jalankan

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.