Mau Menjalankan Bisnis Parfum? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Bisnis Parfum – Memiliki usaha yang menjanjikan tentu menjadi impian semua orang. Namun dalam membangun sebuah usaha, kita memerlukan keahlian khusus dalam membaca keadaan. Misalnya kita ingin membidik pasar dengan produk-produk kebuduhan sekunder seperti parfum, maka kita harus menyusun sebuah rencana agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Apakah kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis parfum? jika kamu tertarik, kamu perlu memikirkan hal ini untuk menjadi ladang bisnis bila memang kamu adalah seorang pecinta parfum. Berbisnis degan berlandaskan hobi dan kesenangan, bisanya akan membuat kamu lebih santai dalam pengembangan bisnismu. Artinya, jika kamu memang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan wewangian, maka bisnis parfum adalah bisnis yang sangat cocok untuk kamu.

Parfum merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan setelah fashion. Bahkan, tak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa pakaian rapi tidak ada artinya jika tidak wangi. Dengan demikian,  bisnis parfum bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana dengan bisnis parfum isi ulang?

Jangan lewatkan juga: Peluang Usaha Jus Buah Sehat Untung Jutaan!

Peluang Usaha Bisnis Parfum via viva
Peluang Usaha Bisnis Parfum via viva

Kenapa Menjalankan Peluang Usaha Bisnis Parfum?

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita sebaiknya memilih usaha bisnis parfum ini:

Cukup Mudah Di Jalankan

Alasan mengapa menjalankan bisnis parfum ini yang pertama adalah karena usaha yang satu ini cukup mudah untuk dijalankan.

Khusus untuk anda yang ingin menjalankan bisnis parfum refill, usaha ini bahkan terbilang membutuhkan persiapan yang tidak banyak dan modal yang minim sekalipun. Yang dibutuhkan adalah tempat berjualan saja.

Dengan modal sekitar 4 juta hingga 7 jutaan saja kita sudah bisa menjalankan usaha parfum refill. Biasanya bisnis parfum isi ulang ini memiliki paket-paket dari produsen, bahkan dengan modal 4 – 7 juta saja kita sudah mendapatkan parfum dengan beragam aroma, spanduk untuk toko, dan alat pendukung lainnya.

Keuntungan Cukup Menggiurkan

Yang namanya bisnis tentu kita berorientasi pada keuntungan. Nah, untuk keuntungan bisnis parfum ini terbilang cukup menggiurkan, bahkan bisa mencapai 100% dari harga parfum tersebut.

Dari berbagai sumber kami dapatkan bahwa di kota Bandung ada “Zanzibarparfume” yang awal usahanya hanya mengeluarkan modal sebesar 12 juta, kini sanggup menjual 100 hingga 200 botol parfum perhari dengan berbagai ukuran, kisaran harga jual 10 hingga 90 ribu per botolnya, dari pengakuannya bisa mendapatkan margin keuntungan hingga 40% per botol.

Cara Menjalankan Bisnis Parfum

Sebenarnya baik isi ulang maupun yang tidak, bisnis ini sama-sama menjanjikan. Apalagi jika kamu membuka bisnis ini di tempat yang memiliki sasaran pasar yang jelas, misalnya kampus atau daerah perkantoran. Jika kamu benar-benar tertarik untuk mengembangkan bisnis ini, berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan agar bisnismu bisa menjadi usaha yang menguntungkan:

Memilih Lokasi yang Tepat Sebagai Wujud Pembacaan Peluang Usaha

Dalam membuka bisnis tentu hal pertama yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara kita membaca peluang. Untuk membuka bisnis parfum, kamu harus memastikan bahwa lokasi yang kamu pilih cukup strategis. Lalu bagaimanakah kira-kira tempat yang strategis supaya bisnis kita bisa menjadi usaha yang menjanjikan?

dalam hal ini, kamu hanya perlu menerka, kira-kira dimanakah orang membutuhkan parfum? Tentu tempat itu tidak jauh-jauh dari lingkungan perkantoran dan kampus. Mungkin juga sekolah, tetapi kamu juga harus memperhatikan tipe sekolahnya. Yang perlu anda perhatikan adalah, rata-rata orang yang memilih memakai parfum diantaranya adalah kalangan mahasiswa dan karyawan.

Usahakan memilih kios yang berukuran kecil saja karena parfum isi ulang tidak membutuhkan tempat yang luas. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menyewa tempat.

Menyiapkan Modal Usaha Secukupnya

Modal adalah satu hal yang wajib dimiliki dalam membuka bisnis. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan mengenai modal. Usahakan kamu tidak kekuranga modal agar kamu tidak kesulitan dalam mengembangkan usaha. Tapi, kelebihan modal juga kurang baik untuk pebisnis pemula.

So, kamu hanya membutuhkan modal seperlunya saja aga tidak gegabah dalam menentukan langkah pengembangan usaha. Jika dihitung secara proporsional, modal yang diperlukan adalah modal bibit parfum, tempat penyimpanan, dan kios. Bisa dikatakan antara 7000.000 sampai 10.000.000. Namun tetap tergantung pada bibit parfum yang anda beli.

Memilih Karyawan yang Jujur dan Bertanggungjawab

Jika kamu membutuhkan karyawan untuk menjaga usahamu, kamu harus berhati-hati dalam memilihnya. Selain harus memiliki pengetahuan khusus tentang parfum, kamu juga harus bisa memastikan bahwa kepribadian pegawaimu adalah kepribadian yang jujur dan baik.

Untuk mendapatkan karywan seperti itu kamu bisa mengandalkan orang-orang terdekatmu terlebih dahulu, misalnya saudara atau tetangga yang sudak kamu kenal.

Promosikan Bisnis Kamu

Promosi merupakan salah satu penentu berhasil tidaknya suatu bisnis. Hal terbaik dalam mempromosikan bisnis parfum isi ulang adalah lewat sosial media. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai macam desain dan berusaha menarik hati calon pelanggan dengan penampilan yang menarik.

Kenapa sosial media? Karena tidak perlu berbicara dari orang ke orang. Namun cukup membuat status yang berkalimat penawaran bisnis parfum. Bila target kamu kampus A, maka pilihlah pertemanan dengan mahasiswa di kampus A. Dengan model promosi seperti itu, peluang usahamu untuk berkembang akan semakin besar.

Analisis Bisnis Parfum

Berikut ini analisis bisnis parfum yang bisa anda jadikan gambaran sebelum menjalankan bisnis parfum:

INVESTASI AWAL

Modal menjadi agen

Rp10.000.000

Etalase

Rp1.000.000

Meja dan kursi

Rp400.000

Kalkulator

Rp75.000

Bibit parfum

Rp1.000.000

Botol parfum kosong

Rp200.000

Alcohol

Rp100.000

Total investasi awal

Rp12.775.000

Masa manfaat peralatan adalah 3 tahun (36 bulan) dan memiliki nilai residu sebesar Rp100.000. Biaya penyusutan per bulan adalah (Rp11.475.000-Rp100.000):36 bulan= Rp324.000 per bulan.

Sedangkan, target penjualan per bulan adalah 30 botol dengan harga Rp100.000 jadi omzet per bulan adalah 30 botol dikalikan Rp100.000, omzet menjadi Rp3.000.000.

BIAYA OPERASIONAL

Gaji karyawan

Rp3.000.000

Biaya penyusutan peralatan

Rp316.000

Perlengkapan

Rp1.300.000

Lain-lain

Rp100.000

Total biaya operasional

Rp2.216.000

Analisis balik modal (Break event point/BEP) terlihat omzet sekira Rp3.000.000 dan total biaya operasional Rp2.216.000 membuat bisnis ini berlaba Rp784.000. Dengan asumsi balik modal dalam waktu 16,3 bulan.

Untuk mengurangi biaya operasional, sebaiknya anda menjalankan usaha ini sendiri tanpa karyawan, jika usaha anda sudah berjalan lancar yang memiliki omset yang besar, maka barulah kita membutuhkan karyawan untuk membantu kita.

Demikianlah informasi seputar peluang usaha bisnis parfum yang bisa kami bagikan untuk anda semoga. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan juga: Bisnis Ikan Hias Kecil Kecilan, Meraih Untung Besar Besaran

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.