25 Ide Usaha Kecil Menengah yang Bisa Anda Jalankan

Usaha kecil menengah saat ini menjadi salah satu jalan alternatif yang sedang digalakkan pemerintah untuk meggenjot perputaran ekonomi di masyarakat. Sebagai generasi milenial, kamu tentunya harus selalu siap menyambut segala bentuk peluang yang tersedia untuk bisa terlepas dari krisis.

Nah, sebagai warga negara yang baik, kamu tentunya juga harus menyambut berbagai program dari pemerintah tersebut dengan antusias, usahakan jangan lagi sibuk rebutan untuk jadi PNS, hehe.

Salah satu cara terbaik adalah dengan memulai bisnis. Namun membuka bisnis tentu membuhkan perencanaan yang matang dan tersusun rapi. Kamu harus bisa melihat peluang yang ada di masyarakat. Tujuannya tidak lainadalah agar bisa membuka usaha yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sifatnya berkelanjutan.

Nah, salah satu bentuk bisnis yang sifatnya berkelanjutan adalah bisnis kuliner, mengaa demikian? Karena makanan merupakan  salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh seyiap manusia.

Namun, sebagai orang terdidik, kita tentu juga harus memperhatikan aspek kesehatan dari produk-produk yang kita jual. Hal in penting karena saat ini masyaraat mulai sadar bahwa menerapkan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan. Sekarang ini juga masyarakat umumnya sudah mulai menjauhi jajanan instan yang mengandung micin, hehe.

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Peluang Usaha Kecil Menengah yang Tidak Ada Matinya

Anda masih bingung mau buat usaha apa? Berikut ini Info Bisnis Usaha bagikan ide bisnis usaha kecil menengah yang bisa anda coba jalankan:

1. Usaha kuliner salad buah untuk mereka yang kurang suka sayur

Sayur dan Buah-buahan sudah terbukti secara ilmiah dan diyakini dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagiai penyakit merupakan zat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Dengan demikian, Sayur dan buah mutlak dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme dan juga asupan zat-zaz penting untuk pertumbuhan. Namun, sebagian besar masyarakat umumnya enggan mengkonsumsi sayur, oleh karena itu buah-buahan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menambah asupan-asupan tersebut.

Nah, buah-buahan dapat dimanfaatkan untuk mengawali bisnis kuliner sehat yang ingin kamu bangun. Salad buah terbilang unik karena memang belum banyak ditemui sebagaiman jus buah. Salad Buah merupakan salah satu produk dari inovasi usaha kreatif dari anak-anak muda yang ternyata disambut cukup baik di masyarakat. So, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha ini kan guys?

2. Mie ayam anti-mainstream warna-warni

Siapa sih yang nggak suka mi ayam? Mie ayam merupakan salah satu jajanan yang paling diminati di kalangan masayarakat Indonesia, khususnya di kalangan remaja. Sayangnya, mie yang kita ketahui berbahan dasar dari tepun ini sering kali menjadi momok bagi para pegiat diet. Tapi kamu tidak perlu khawatri, kamu bisa membuat mie berbagai varian warna yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti wortel, bayam, buah naga ubi jalar dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan sehat lain seperti jamur dan sayuran hijau untuk pelengkapnya mie ayam kamu. Untuk kuahnya. Untuk kuahnya, kamu harus bisa mengupayakan untuk mengurangi penggunaan micin agar tag line kuliner sehatmu tetap bisa dipertahankan. Dengan begitu, Mie ayam warna-warni mu yang anti-mainstrem bisa mulai kamu pasarkan.

3. Es krim sehat dengan campuran buah

Es krim juga merupakan salah satu jajanan yang paling digemari. Dipasaran kita bisa menemukan es krim rasa apa saja, terlebih lagi rasa buah. Namun, Alih-alih mendapat jajanan sehat, es krim sering kali dihindari karena banyanya lemak yang terdapat dalam es krim.

Hal ini tentu dapat dijadikan rujukan untuk membuat usaha es krim yang sehat, caranya adalah dengan memadukan es krim dengan buah-buahan asli yang biasa disajikan untuk membuat rujak. Dengan perpaduan es krim dan buah, kamu tentu dapat menjajakan es krim buah mu sebagai jajanan nikmat yang juga sehat. Sensasi asam dan manis pasti akan menjadi penarik bagi para pecinta buah dan es krim yang diliputi rasa penasaran, hehe

4. Usaha rumahan jual gorengan

Usaha yang satu ini sepertinya sangat remeh temeh dan jarang dilirik oleh anak-anak muda. Padahal usaha jual gorengan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan jika kita seriusi.

Masyarakat kita sangat suka ngemil, apalagi ketika waktu-waktu sela seperti sepulang kerja atau sedang berkumpul dengan keluarga dan teman.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga terbilang kecil, sekitar Rp 1,5 juta untuk gerobak bekas, Rp 500 ribu untuk peralatan memasak, sekitar 200 ribu untuk bahan baku. Dan usaha anda sudah siap berjalan.

Untuk yang didapat dari usaha jual gorengan juga tidak tanggung-tanggung. Setidaknya anda bisa mengantongi keuntungan 1-3 juta setiap minggunya.

Apalagi kalau anda mendapatkan lokasi yang strategis berada di dekat keramaian. Maka usaha ini bisa menjadi tambang emas untuk anda.

Apalagi untuk mendapatkan bahan baku gorengan juga cukup mudah. Ada banyak pilihan gorengan yang bisa anda jajakan, misalnya pisang goreng, tahu isi, pisang molen, tahu brontak, bakwan, tempe goreng, onde-onde, pisang cryspi, perkedel jagung dan masih banyak lagi.

Modal utama dari usaha gorengan adalah tekad yang kuat. Dengan bermodalkan tidak lebih dari 3 juta rupiah sebenarnya dalam waktu sekitar 5 bulan saja anda sudah bisa BEP, atau kembali modal dan selanjutnya tianggal meraup keuntungan saja.

Namun, jika anda ingin memiliki dagangan yang laris manis dan cepat laku, anda harus membuat sesuatu yang berbeda, sebaiknya anda jangan terlalu mengambil untung terlalu banyak, karena biasanya ukuran gorengan anda menjadi lebih kecil, sebaiknya anda fokus pada kepuasan pembeli.

Anda bisa membuat ukuran gorengan anda lebih besar daripada yang lainnya. Jika gorengan anda lebih “kriuk-kriuk”,  enak dan ukurannya jumbo, maka kesuksesan hanya tingga menunggu waktu saja.

Saya pribadi juga suka mengemil gorengan, bahkan ketika acara pekanan kami biasanya juga selalu diisi dengan menyantap gorengan, karena gorengan menjadi salah satu alternatif makanan yang murah meriah namun lumayan mengenyangkan.

Bagaimana, anda tertarik untuk memulai usaha gorengan? Tunggu apalagi, jika anda membutuhkan saran dan masukkan sebelum memulai usaha gorengan anda bisa menyampaikan via kolom komentar.

5. Usaha minuman coklat dan jus buah buahan

Usaha bisa kuliner memang tidak ada matinya, berabgai ide dan varian kuliner bisa anda sajikan untuk masyarakat. Salah satunya adalah minuman coklat dan jus buah-buahan.

Usaha minuman ini sangat cocok untuk dijajakkan di tempat-tempat dekat sekolah atau kampus, karena memang pasarnya adalah remaja dan orang sebagian orang dewasa.

Anda bisa menjalankan usaha minuman ini dengan metode waralaba atau sistem franchise.

6. Usaha kuliner warung mie pangsit

Mie ayam atau mie pangsit merupakan salah satu makan merakyat yang digemari oleh semua kalangan. Semua orang suka dengan mie ayam, hanya segelintir orang saja yang tidak menyukainya.

Di kota manapun bahkan sampai ke desa-desa kita bisa menjumpai penjual mie ayam baik di warung pinggir jalan, dengan gerobak sampai ke resto menjajakkan mie ayam seabgai panganan favorit mereka.

Anda bisa mencoba usaha kuliner mie ayam ini di sekitar tempat anda tinggal. Tahukah anda ternyata penjual mie ayam atau mie pangsit ini bisa meraup omset 3 kali lipat dari modal membeli bahan-bahannya, wow sekali bukan.

Untuk memulainya anda harus belajar membuat mie ayam yang enak terlebih dahulu, anda bisa belajar ke tempat-tempat yang sudah laris atau mencoba sendiri resep mie ayam yang ada di google.

7. Usaha warung kopi sederhana keuntungan luar biasa

Kalau kita melihat di web-web atau media sosial, orang-orang gemar sekali nongkrong di warung kopi. Bahkan ada orang yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam untuk nongkrong di warung kopi, apalagi kalau anda menyediakan fasiltias wifi gratis, pasti lebih banyak lagi orang yang akan nongkrong di warung anda.

Anda bisa membuka warung kopi di sekitar tempat-tempat orang nongkrong mulai dari pasar, terminal, atau sekitar pangkalan ojek dan tempat yang banyak orang berlalu lalang lainnya.

Denga harga secangkir 2 ribu (jika anda membuka usaha di tempat yang low profile) anda bisa meraup keuntungan 50%, karena modal secangkir hanya seribuan saja.

Jika anda membuka cafe (tentu membutuhkan modal besar) anda bisa menjual secangkir kopi 5 sampai 10 ribu tergantung varian kopi yang anda tawarkan.

Biasanya, kalau minum kopi tentu ada lawannya, bisa berupa gorengan atau aneka jajanan tradisional lainnya.

8. Usaha kreatif cutting sticker

Anak mudah sangat suka memodif kendaraan mereka, baik itu spare part atau dari variasi sticker. Nah, anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Tanpa modal yang besar, anda bisa membuka kedai sticker di pinggir jalan dengan mendirikan tenda-tenda kecil saja.

Bisnis kreatif anak muda yang satu ini tidak membutuhkan modal besar, hanya butuh modal untuk menjual aneka sticker saja.

Jika usaha anda mulai berkembang nanti, anda bisa juga merambah modifikasi mobil yang membutuhkan modal lebih besar, namun keuntungan yang diraih juga sangat wow sekali.

Tahukah anda, ternyata untuk modal belanja bahan sticker sebanyak satu hingga 2 rol yang bisa digunakan untuk tiga unit motor dengan desain full cutting, hanya membutuhkan modal sebesar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah saja.

Untuk menjalankan usaha kreatif ini anda harus sering-sering melihat gambar modifikasi motor agar anda tidak kudet, dan memiliki ketrampilan untuk mempercantik motor pelanggan anda. Seiring berjalannya waktu maka keahlian anda pasti akan semakin terasah.

9. Usaha jasa pangkas rambut pria

Usaha pangkas rambut pria juga bisa menjadi pilihan peluang usaha yang sangat potentsial. Setidaknya, agar tampil rapi pria harus pangkas sekali dalam sebulan, jika lebih dari itu, biasanya rambut akan terlihat acak-acakan dan kurang rapi.

Peluang usaha potong rambut bisa anda jalankan dengan modal minim, namun keahlian maksimal. Untuk memulai usaha ini anda sebaiknya mengikut kursus terlebih dahulu, karena keahlian memotong rambut tidak datang dengan alami, melainkan memang harus diasah dan dilatih.

Setelah anda kursus beberapa waktu anda harus mempraktekkan pangkas rambut kepada orang terdekat anda, setelah kira-kira anda siap barulah anda lounching.

Anda hanya butuh ruangan 2 x 2 sudah cukup untuk membuka tempat potong rambut pria. Dan salon pria tidak membutuhkan modal yang neko-neko, berbeda dengan salon kecantikan wanita yang membutuhkan banyak instrumen karena memang wanita ke salon biasanya tidak hanya untuk potong rambut, juga untuk cuci rambut, cuci wajah, perawatan kuku dan lain sebagainya.

10. Usaha sablon

Ide usaha kecil mengah selanjutnya adalah usaha sablon. Sablon bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk anda. Untuk memulai usahanya anda tidak harus memiliki mesin pencetak baliho atau mesin konveksi terlebih dahulu anda bisa bekerjasama dengan percetakan di kota atau di sekitar tempat anda.

Simak selengkapnya: Peluang Usaha Sablon untuk Pemula

Untuk anda yang ingin mencoba bisnis online, silahkan cek pada tulisan kami sebelumnya: 15 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Kendala yang sering di hadapi masyarakat dalam sektor usaha kecil

Tidak bisa dipungkiri, memulai usaha kecil menengah membutuhkan modal yang terkadang tidaklah sedikit. Modal usaha ini terkadang yang menjadi kendala seseorang untuk memulai usaha.

Untuk anda yang ingin mendapatkan permodalan, anda bisa mencoba mengumpulkan uang dengan bekerja atau dengan mencari pinjaman.

Namun pastikan anda tidak meminjam uang dari pada rentinir atau penganak uang, meskipun mereka sangat mudah dalam persyaratan, namun karena bunga yang sangat besar justru akan mematikan usaha anda. Uang anda tidak bisa berputar, keuntungan dan modal akan habis perlahan untuk membayar tagihan perbulannya.

Tips Sukses Bisnis UKM

Sebelum anda memulai bisnis usaha kecil mengah (UKM) sebaiknya anda mematangkan segala sesuatunya agar usaha anda tidak gulung tikar di tengah jalan. Berikut beberapa tips sukses bisnis UKM yang sebaiknya anda perhatikan:

1. Atus Business Plan dengan Terukur

Tips sukses yang pertama adalah rencana bisnis yang terukur dan terinci. Meskipun memang, di lapangan rencana tidak sesuai dengan fakta, maka dari itu kita harus menyiapkan plan A, B, C dst.

Anda harus membuat hitung-hitungan modal dan pengeluaran secara rinci. Jangan hanya membuat asumsi di kepala saja, karena setelah kita tuliskan ternyata modal yang sebelum kita kita sedikit ternyata ada banyak.

Setelah usaha kita cukup berkembang, maka kita harus membuat rencana jangka panjang, hal ini bertujuan untuk membuat usaha kita semakin besar lagi. Apalagi kalau kita membutuhkan suntikan dana dari investor maka kita harus membuat business plan yang rinci dan mudah dipahami.

Selain mengenai keuangan, anda juga harus membuat gambaran mengenai pasar dan segmen yang anda sasar, peluang yang anda miliki serta tantangan yang mungkin akan timbul kemudian.

2. Buat STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)

Dalam usaha kecil mengah, SOP memang tidak terlalu dibutuhkan, namun untuk profesionalitas bisnis anda, maka SOP sangat perlu agar tidak terjadi kesalahan komunikasi persepsi.

Sop ini nantinya akan menjadi petunjuk bagi pekerja atau karyawan yang akan anda pekerjakan.

3. Bangun Jaringan

Untuk membuat usaha anda meroket, anda harus bisa membangun jaringan usaha yang kokoh. Jika anda membuka usaha kuliner, pastikan anda memiliki jaringan atau akses ke organisasi atau institusi agar anda seslau menjadi prioritas saat mereka membutuhkan pensuplai snack atau makanan.

4. Manfaat Teknologi

Untuk mempercepat transaksi, anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Anda bisa menggunakan aplikasi massanger yang ada seperti WA, BBM, Line dsb untuk mempermudah komunikasi.

Anda juga bisa menggunakan berbagai media agar usaha anda lebih booming dan cepat terkenal seperti menggunakan facebook, twitter, blog, instagram, youtube dan lain sebagainya.

Jangan sampai usaha anda mati karena anda tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Padahal anak mudah sekarang lebih sering di media sosial daripada di dunia nyata.

Demikianlah ulasan seputar ide usaha kecil menengah dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan juga: 56 Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *