Peluang Usaha Sablon untuk Pemula

Usaha Sablon – Memiliki usaha sendiri menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah pekerjaan saat ini. Sebagai generasi muda yang berfikir kreatif kita harus bisa melihat peluang yang ada di sekitar kita. Bisnis sablon bisa menjadi salah satu ide yang cermerlang, apalagi kalau tempat kita tinggal ada di tempat keramaian.
Sebelum membuka usaha sablon sendiri tentu kita harus memiliki beberapa ilmu pendukung seperti desain, mengetahui jenis-jenis kain, serta memiliki relasi ke berbagai komunitas untuk mengembangkan usaha sablon ke depannya.
Untuk memulai usaha sablon kita bisa ulai dari modal kecil terlebih dahulu, bisa kita mulai dari modal sekitar 5 jutaan dulu, kita sesuaikan dengan modal yang kita miliki, untuk mengurangi modal kita bisa meminimalisir biaya operasional yang dibutuhkan.
Peluang Usaha Sablon untuk Pemula

Peluang Usaha Sablon untuk Pemula

Sebenarnya, usaha sablon tergolong mudah untuk dijalankan, apalagi kalau ada karyawan yang bisa kita percayakan untuk menjalankan usaha sablon yang akan kita buka. Kalau sudah ada banyak yang membuka sablon, maka kita harus lebih gencar promosi, baik itu secara lisan, melalui brosur atau melalui media sosial, kita bisa membuat semacam promo khusus atau potongan harga yang bertujuan untuk menarik minat calon pelanggan.

Peluang Usaha Sablon dan Kiat Suksesnya

Kira-kira apa saja yang dibutuhkan dan bagaiman agar bisa sukses bisnis sablon? Mari kita kupas tuntas.

1. Analisa Modal Awal

Berikut ini modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sablon:

Peralatan Sablon

Rp. 1.500.000,-

Bahan Baku

Rp. 500.000,-

Promosi

Rp. 200.000,-

Biaya Operasional

Bahan Baku

Rp. 1.000.000,-

Gaji Pegawai 1 Orang

Rp. 800.000,-

Telepon, Listrik, Transportasi

Rp. 500.000,-

Lain-lain

Rp. 500.000,-

Total

Rp. 5.000.000,-

Pendapatan

Omset Per Bulan

Rp. 5.000.000,-

Laba Per Bulan

Rp. 2.000.000,-

2. Kualitas Sablon

Kepuasan pelanggan adalah segalanya, maka ari itu produk yang kita buat jangan sampai memiliki cacat atau minimal bercak bekas sablon. Memang untuk mendapatkan hasil yang terbaik membutuhkan keahlian yang memadai serta peralatan pendukung yang baik pula.
Perhatikan kualitas sablon serta bahan yang akan di sablon.

3. Pelayanan

Pelanggan adalah raja, kita harus bisa memberikan pelayanan yang membuat pelanggan betah dan mau kembali lagi. Sedikit senyuman saja sudah bisa meluluhkan hati pelanggan, apalagi dengan keramahan yang kita berikan pastilah pelanggan akan mereferensikan kepada teman-temannya.

Selain memberikan pelayanan yang memuaskan kita juga harus memenuhi deadline waktu yang sudah disepakati, semakin cepat akan semakin baik.

4. Promosi

Saat pertama membuat usaha sablon, promosi adalah hal yang wajib dan tidak boleh anda lewatkan. Anda harus mempromosikan usaha anda kepada siapa saja, bisa melalui media cetak brosur, mengisi mading-mading di sekolah, kampus instansi dan sebagainya.
Anda juga bisa mempromosikan di medsos yang ada. Jika anda memiliki dana awal yang cukup besar, tidak ada salahnya kalau anda menjadi sponsor olahraga tertentu, dengan demikian usaha sablon anda akan cepat dikenal.

Gunakan cara-cara kreatif untuk mempromosikan usaha sablon anda.

5. Harga Sablon

Insting kita memang selalu ingin harga yang murah, tapi berkualitas. Sebaiknya kita mengambil keuntungan jangan terlalu maruk, usahakan pada margin 10 – 30 % saja, jangan terlalu besar. Kita pakai prinsip dagang orang China, sedikit untuk banyak pelanggan.
Bagaimana? Anda sudah siap untuk menjalankan usaha sablon sendiri? Tunggu apalagi, karena usaha yang paling baik adalah usaha yang dibuka bukan yang direnakan terus menerus. Selama mencoba. Baca juga 56 Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Leave a Reply