13 Strategi Bisnis yang Wajib Anda Terapkan

Strategi Bisnis -Tidak bisa dipungkiri persaingan dunia bisnis semakin ketat dan cenderung akan terus menguat kedepannya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh banyaknya pelaku bisnis yang selalu berkembang setiap saat. Pelaku bisnis yang sudah mampan juga tidak bisa menerapkan metode lama dalam menjalankan bisnis.

Kini, ada banyak pengusaha baru yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengenalkan produk mereka. Sehingga dalah waktu sebentar saja produk baru mereka yang sudah bisa menyingkirkan produk lama yang sudah sangat dikenal masyarakat. Tentu pengusaha baru harus menerapkan strategi bisnis yang jitu agar produk baru mereka bisa dikenal.

Apalagi sekarang eranya digital dan internet. Pengguna internet di Indonesia lebih dari 80 juga pengguna aktif, ini tentu bukan angka yang sedikit, nah kalau saja kita pandai memanfaatkan internet dengab baik, maka, boom, bisnis anda akan melejit tak tertandingi.

Bukan hanya untuk bisnis saja, internet juga sudah banyak mengantarkan seseorang yang bukan siapa-siapa menjadi artis terkenal, sebut saja salah satu contohnya justin biber. Siapa yang tidak kenal dengan anak muda yang satu ini? Dengan suaranya yang khas dan indah membuat dia melejit bak roket yang tidak memiliki hambatan. Sebelumnya dia juga tentu sudah memiliki suara emas, namun karena ‘tidak ada yang tahu’, tentu saja tidak berharga apa-apa. Namun bisa anda lihat setelah ada jutaan youtuber menonton dan menshare video yang dia upload, dan boom. Dia menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini.

Nah, kalau kita kaitkan dengan strategi bisnis, tentu saja sedikit banyak berkaitan dengan metode yang digunakan justin. Metode promosi yang tepat dengan langsung menyentuh pengguna internet yang dapat melihat dan mendengar kemerduan suaranya, membuat produser tertarik untuk ‘mengorbitkan’ sang bintang.

Kira-kira, anda sudah tergambar mengenai strategi bisnis yang akan anda terapkan untuk usaha anda? Berikut ini kami rangkum lebih jelas dan lebih rinci beberapa strategi bisnis yang bisa membuat usaha anda sukses dan berkembang dengan pesat.

strategi bisnis
Strategi Bisnis

13 Strategi Bisnis yang Harus Anda Lakukan

Setidaknya infobisnisusaha.com menyarankan 13 strategi bisnis yang bisa menunjang keberhasilan usaha anda, berikut ini diantaranya:

1. Riset Pasar

Strategi bisnis yang harus anda lakukan pertama kali andalah dengan melakukan riset pasar. Ini akan sangat menentukan minat dan kebiasaan konsumen. Misalnya pada masyarakat kampus, ini merupakan salah satu market potensial yang bisa kita masuki, berbagai produk bisa kita jual, berbagai jasa bisa kita sewakan.

Biasanya anak-anak kost agak malas masak atau mencuci, nah ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk kita. Kita bisa membuka rumah makan atau jasa loundry kiloan di sekitar tempat mereka tinggal. Dan masih banyak lagi, kita harus bisa melihat peluang-peluang dari berbagai kultur dan budaya masyarakat. Kemudian kita konversi dalam bentu jasa atau produk yang akan kita tawarkan.

Jika kita hendak menjual produk secara online, kita juga harus melakukan riset pasar, kalau dalam bahasa internet masketingnya adalah riset keyword. Riset keyword adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Ada banyak tools yang bisa kita manfaatkan secara gratis, salah satunya yang populer dan paling banyak digunakan adalah Google keyword planner.

Dengan menggunakan fasilitas gratis dari google ini kita bisa mengetahui pengguna internet khususnya search engine google mengenai satu kata kunci. Misalnya kita hendak menjual baju muslim. Mari kita riset, berikut ini contoh saya riset keyword untuk baju muslim:

Baju muslim

Data di atas merupakan sub judul dari baju muslim anak, ada banyak turunan yang kita dapatkan dan berapa kata kunci yang bisa kita targetkan, misalnya model baju muslim anak yang dicari sebanyak 2,400 orang sebulan, busana muslim anak yang dicari 2.900 orang dalam sebulan. Nah, riset KW ini bagian penting dalam bisnis online.

Baca juga: 33 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Selain bisnis online, bisnis offline juga membutuhkan riset pasar, kira-kira apa saja yang sedang dicari, apa yang dibutuhkan, apa yang diinginkan masyarakat.

2. Memahai Produk Luar dalam

Strategi bisnis yang kedua yang tidak kalah penting adalah memahami produk luar dalam. Kita harus menjadi ahlinya dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Kalau dalam bahasa seninya kita harus menjiwai. Penjiwaan menjadi bagian yang sangat penting.

Kita harus menguasai produk dan jasa yang kita tawarkan. Jika ada pelanggan yang bertanya, kita harus membuat mereka mengerti dengan produk kita. Konsumen juga akan percaya dengan kita.

 Misalkan kita membuka jasa survey dan pemetaan bidang sipil. Jika kita memang ahlinya, misal kita memiliki sertifikat survey dan pemetaan maka perusahaan-perusahaan besar akan mengontrak kita untuk melakukan survey tinjau sampai pemetaan.

Contoh lainnya mungkin jika kita membuka jasa konsultan pertambangan. Jika kita memiliki latar belakang pendidikan pertambangan, memiliki berbagai sertifikat seperti sertifikat peledakan, sertifikat pengeboran, dan sertifikat lainnya, maka perusahaan besar akan mencari kita.

Contoh di atas merupakan sedikit gambaran jika kita memang ahli di suatu bidang, maka pelanggan akan percaya dengan keahlian kita atau produk yang kita buat.

3. Bangun Brand Produk

Apa bedanya Samsung dan Mito? Atau apa besanya Apple dan Evercoss? Jikaa kita bandingkan dengan tipe dan fasilitas yang sama, kira-kira mana yang akan kita pilih? Apalagi kalau harganya sama, pasti kita sudah sama-sama tahu mana yang akan dipilih, tentu saja karena brangding produk dan keyakinan akan kualitas.

Untuk contoh sepeda motor misalnya. Untuk menyebutkan sepeda motor, masyarakat lebih cenderung menyebut honda. Honda mu tipe apa? Nah, kenapa ini bisa terjadi? Karena branding, karena honda lebih memiliki pengalaman dan sudah ada sejak lama di Indonesia, sehingga produk sepeda motor seperti sudah dinisbatkan adalah honda, padahal tidak demikian.

Contoh di atas merupakan strategi bisnis yang ketiga, yaitu branding. Branding sangat perlu dan sangat penting untuk membuat produk kita dikenal dan ada di adalam bawah sadar konsumen kita. Bahkan perusahaan-perusahaan besar biasanya menyewa konsultas untuk membuat branding produk mereka. Mereka sanggup mengeluarkan ratusan juta hingga milyaran rupiah untuk menaikan brangd produk mereka.

4. Promosi

Promosi juga menjadi bagian strategi bisnis yang tidak boleh terlewatkan. Promosi bisa kita lakukan dengan memanfaatkan media yang ada. Kalau kita memeliki resources yang besar kita bisa memanfaatkan TV untuk media promosi, namun tentu saja dengan catatan kita harus bisa menghitung dan memanfaatkan momen dengan baik. Kita harus tahu siapa yang nonton TV dari jam sekian sampai jam sekian. Kita harus tahu kecenderungan atau psikologi penonton. Ini semua tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain dengan TV, ada banyak media yang lebih murah yang bisa kita gunakan. Misalnya seperti beriklan di internet, sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, pengguna internet aktif kita mencapai angka 80 juta. Kita bisa memanfaatkan internet internet untuk mengiklankan produk kita. Misalnya dengan Google Adsense, Criteo, Infolink, Facebook Ads, atau Twitter Ads.

Kita juga bisa memanfaatkan fitur iklan billboard yang ada di pinggir jalan. Ini adalah metode iklan cara lama, namun cukup efektif untuk membuat produk kita dikenal dan masuk dalam alam bawah sadar masyarakat.

Selain memanfaatkan fasilitas iklan berbayar kita juga bisa memanfaatkan iklan gratsi misal di OLX, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Kita bisa mempromosikan produk kita di toko online yang sudah memiliki visitor ratusan ribu hingga jutaan perharinya.

Kira-kira, metode promosi apa yang akan anda terapkan?

5. Berikan Service Terbaik

Kalau dalam dunia perbankan dan perkantoran kita mengenal istilah service excellence. Pelayanan yang baik menjadi hal penting untuk menarik pelanggan dan mengikat mereka bersama kita. Pelanggan kita bisa menjadi social viral, yang menjadi ‘perwakilan’ kita untuk mempromosikan produk atau jasa kita.

Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan akan merekomendasi teman, kerabat atau bahkan orang yang tidak mereka kenal untuk menggunakan produk atau jasa kita.

Tersenyum dan menyapalah anda. Sedikit senyuman saja bisa merubah mood pelanggan yang tadinay kraung respect menjadi antusias. Jika anda memiliki karyawan yang banyak, jangan lupa untuk mengatakan pelatihan atau training service excellence, agar pelayanan yang karyawan kita berikan bisa maksimal, sehingga pelanggan pun puas.

Mereka akan menjadikan pelayanan dan produk kita sebagai referensi. Dan anda akan menjadi social viral disebar secara gratis dan meyakinkan, karena ini menjadi bentuk testimoni yang sangat dipercaya untuk calon pelanggan baru anda.

6. Jemput ‘Bola’

Jemput bola atau dalam istilah yang lebih kerennya adalah direct selling. Direct Selling menjadi salah satu strategi bisnis yang sangat ampuh dan membuat produk atau jasa anda cepat berkembang. Tidak jarang calon pelanggan kesulitan atau bahkan malas untuk keluar rumah atau kantor.

Karena anda menerapkan sistem jemput ‘bola’ apalagi marketing anda piawai dan berpenampilan ‘menarik’, biasanya banyak pelanggan yang akan ‘tergaet’ dari strategi ini.

7. Berikan Bonus

Jangan lupa juga untuk memberikan bonus, misalkan beli 3 gratis 1. Untuk tahap awal perkenalan produk, strategi ini sangat jitu, karena tidak bisa dipungkiri, masyarakat kita ingin selalu mendapatkan lebih. Atau anda juga bisa menerapkan sistem referal, dimana saat pelanggan anda berhasil mengajak pelanggan baru mereka akan mendapatkan rewards atau bonus.

Strategi ini juga bisa menjadikan produk anda viral dan menyebar dengan cepat.

8. Perbaikan Produk

Jangan lupa untuk terus mengevaluasi produk atau layanan anda. Perbaikan adalah sebuah keniscayaan, perubahan kearah yang lebih baik atau minimal inovasi ide baru. Inovasi produk perlu dilakukan dalam hal update atau upgrade sekalian. Jangan lupa juga untuk meminta testimoni pelanggan, hal ini karena kepuasan pelanggan menjadi indikatos keberhasilan layanan atau bisnis kita.

9. Berikan Produk Gratis

Sesekali anda perlu melakukan promo gratis, misal pada momen tertentu memberikan produk gratis untuk yang berulang tahun. Anda juga bisa memberikan produk gratis seabgai penghargaan kepada pelanggan setia anda, ini bertujuan untuk ‘mengikat’ mereka agar jangan berpindah ke lain hati.

Satu lagi strategi bisnis yang bisa anda terapkan adalah dengan memberi semacam produk pengantar secara gratis. Misalnya anda

10. Produk Gratis Terbatas

Produk gratis terbatas ini juga menjadi strategi bisnis yang sangat luar biasa. Bahkan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar internasional. Beberapa perusahaan besar internasional yang memberikan produk gratis terbatas diantaranya Buffer, Hootsuite, WordPress, bahkan Youtube.

Mereka memberikan konsumen produk gratis terbatas untuk menikmati fitur-fitur tertentu, namun untuk menikmati fasilitas atau fitur permium mereka harus membayar sejumlah uang. Strategi ini terbukti juga diterapkan oleh banyak game online dan terbukti mendulang sukses yang sangat luar biasa.

Pada awalnya gamer akan menikmati game gratis dengan kualitas super dan pada saat level tertentu yang membuat gamer penasaran, sehingga dengan suka rela atau ‘terpaksa’ mereka akan membayarkan sejumlah uang.

Begittu juga untuk produk atau jasa lainnya, anda bisa membuat semacam produk gratis terbatas, kemudia pada saat hendak mencapai inti anda bisa membataasinya, dan meminta pelanggan untuk membayar jika ingin menikmati fasilitas premium.

Strategi bisnis yang satu ini terbukti mampu menarik costumers dengan baik.

11. Buat Produk yang Berkaitan Satu Sama Lain

Siapa yang tidak kenal dengam Google? Raksasa internet yang satu ini memiliki produk yang berkaitan satu sama lain. Misalnya untuk mesin pencari merekan punya Google.com dan turunannya di setiap negara, eg google.co.id, google.com.my dsb. Untuk menonton mereka punya Youtube.com. Untuk media social mereka punya Google plus. Dan sederat produk lain seperti Google Adsense, Goggle Adword, Google Maps, Digital Books, Wallet dan banyak lagi, Google melebarkan varian produknya. Hebatnya semua bisa diakses hanya dengan satu akun Google.

Anda juga bisa mencoba strategi bisnis Google ini untuk usaha anda. Jadi anda bisa membuat semacam group usaha. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak Group usaha yang dikendalikan oleh satu induk besar. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Bakrie Group yang memiliki pertambangan, kelapa sawit, jaringan TV swasta naasional, dan sebagainya.

12. Lokasi

Memiliki lokasi juga menjadi hal yang sangat penting untuk usaha anda. Pastikan anda mendapatkan tempat yang strategis, karena kita akan butuh promosi yang sangat besar untuk memperkenalkan lokasi usaha kita. Memang untuk mendapatkan lokasi yang strategis membutuhkan dana yang lebih. Namun untuk perkembangan bisnis anda ke depannya sebaiknya anda mengkalkulasikan semua keperluan dan estmasi pemasukan kedepannya.

13. List Pelanggan Anda

Strategi bisnis yang tertakhir dari infobisnisusaha.com adalah dengan membuat daftar pelanggan. Anda bisa mencatat no HP, Email, FB dan lain sebagainya. Anda bisa mengirimi mereka pesan singkat mengenai produk terbaru anda. Jalin terus keomunikasi dengan pelanggan anda, sehingga mereka akan merasa dibutuhkan dan merasa orang yang sangat penting.

Kalau bahasa bahasa agamanya, menjalin silaturahim itu dapat memanjangkan umur dan melapangkan rezeki, strategi ini banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kelas kakap. Bahkan mereka kerap melakukan Gathering dengan pelanggan setia mereka, tidak hanya itu mereka juga ada yang diberi bonus rumah dan properti lainnya karena sudah menjadi pelanggan setia.

Nah, saya rasa cukup itu dulu strategi bisnis yang bisa anda terapkan untik melejitkan usaha anda. Jika anda memiliki pertanyaan atau tambahan silahkan melalui form komentar di bawah, sebisa mungkin akan kami jawab. Demikilah 13 strategi bisnis yang bisa anda terapkan untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jikga bermanfaat, agar yang lain juga bisa merasakan manfaat seperti anda. Baca juga Panduan Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula untuk Sukses

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

2 thoughts on “13 Strategi Bisnis yang Wajib Anda Terapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *