145 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Usaha sampingan ibu rumah tangga – Saat ini, banyak ibu rumah tangga yang mencoba peruntungan dengan berbisnis. Mengingat, setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah ada banyak waktu kosong, dan kebanyakan waktu ibu rumah tangga diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti gosip, melamun, duduk-duduk, sampai nonton sepanjang hari. (:peace)

Padahal, sebagai ibu rumah tangga, banyaknya waktu luang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, apakah itu ikut kegiatan PKK, pengajian, menambah soft skill dan lain sebagainya. Selain itu, ibu rumah tangga kreatif juga bisa mencoba berbagai peruntungan membuka usaha sendiri di rumah. Ada banyak jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Bagi anda yang pekerja kantoran, mungkin agak sulit untuk menjalankan bisnis sampingan seperti ibu rumah tangga. Pekerja kantoran dituntut untuk datang tepat waktu, dan pulang akhir waktu ditambah lagi dengan lembur dan lain sebagainya. Tentu saja ini sangat menyita waktu. Berbeda kalau kita menjadi ibu rumah tangga, ada banyak waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan positif, bahkan kegiatan yang mendatangkan rupiah untuk membantu perekonomian keluarga.

Beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga seperti buka jasa loundry kiloan, bisnis makanan, bisnis kerajinan tangan dan lain sebagainya. Meskipun ibu rumah tangga menjalankan bisnis tersebut, namun pekerjaan rumah tangga tidak akan terbangkalai, tentu saja dengan syarat anda pandai mengatur waktu, kapan saat memasak, menyapu, mengurus anak, suami dan tugas ibu rumah tangga lainnya.

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan
Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Berikut ini infobisnisusaha.com rangkum paling tidak ada 13 usaha sampingan ibu rumah tangga yang mungkin akan anda minati:

1. Membuka Outlet Makanan

Membuka outlet makan menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama, bisnis ini bisa menjadi salah satu pintu pemasukan yang menjanjikan. Apalagi kalau rumah anda berada di area kampus, kantor atau instansi pemerintahan.

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita sajikan. Tergantung dari pangsa yang ingin kita sasar. Contohnya untuk sarapan, kita bisa membuka kedai lontong, gorengan, bubur kacang hiaju, nasi goreng dan lain sebagainya. Kita bisa memulainya dari membuat warung kecil-kecilan di depan rumah atau di teras rumah saja. Syukur-syukur kalau ada gerobok untuk meletakan berbagai bahan makanan.

Selain menu sarapan, anda juga bisa menjual gorengan saat hari mulai sore. Atau anda juga bisa membuka pecel lele di depan rumah, mengingat pecel lele kini cukup booming dan sangat diminati oleh masyarakat kita.

2. Buka Kedai Aneka Jus

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang kedua adalah membuka outlet untuk aneka jus. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah panas. Dengan udara yang panas, membuat orang-orang akan tertarik untuk membeli jus anda. Apalagi kalau banyak anak-anak mudanya, akan semakin strategis lagi.

Usahakan untuk menyediakan berbagai macam buah, seperti jeruk, mangga, buah naga, alpukat dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan kapucino cincau karena capcin termasuk banyak penggemarnya.

3. Jualan Pulsa

Siapa sih yang tidak butuh dengan pulsa?

Pulsa kini bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Apalagi mereka yang menggunakan smartphone, akan lebih banyak lagi membutuhkan pulsa untuk internet.

Nah ini bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan. Kita bisa mulai berjualan pulsa dengan tentangga, kemudian menuliskan di kaca depan rumah ‘jual pulsa’ setelah itu beli etalase kaca untuk meletakan aksesoris Handphone sekaligus sebagai penanda bahwa anda jualan pulsa. Selanjutnya anda bisa membuka counter kecil-kecilan di depan rumah.

Jika usaha ini terus berkembang, tidak ada salahnya anda mulai membesarkan usaha ini dengan menyewa tenaga pegawai untuk menjaga counter.

Untuk memulai bisnis pulsa, anda tinggal datang saja ke counter besar di kota anda, anda bisa mendaftar disana. Anda bisa memulai dengan Rp. 200.000 saja dulu, kemudian bisa menambahkan jumlah deposit pulsa seiring berjalannya waktu.

4. Bisnis Pembuatan Kue

Bisnis pembuatan kue bisa dibilang cukup langka, karena tidak semua orang bisa membuat kue dengan rasa dan bentuk yang pas.

Jika anda memiliki keahlian membuat kue, apakah itu donat, kue bolu dan sebagainya, anda bisa menawarkan kepada tetangga untuk menggunakan jasa anda.

Bisnis ini cukup menjanjikan, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Kalau anda tidak punya keahlian membuat kue, anda bisa belajar langsung pada ahlinya, atau membeli buku resep masakan, kalau punt tidak, anda bisa mencari resep kue tertentu di internet.

Setelah kira-kira usaha dari rumah anda berhasil, anda bisa mulai ekspansi membuka ruko untuk pembuatan kue. Atau anda juga bisa ekspansi ke toko-toko atau bahkan ke minimarket dan super market untuk ‘menitipkan’ kue anda.

5. Hand Made

Kerajinan tangan bisa menjadi salah satu pilihan merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau anda kreatif membuat kerajinan tangan dari berbagai barang bekas yang tidak terpakai.

usaha ibu rumah tangga Hand Made
Contoh Hand Made

Bagi anda yang berada di daerah wisata, bisnis yang satu ini sangat menjanjikan dan hasil kerajinan tangan anda bisa menjadi salah satu kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk mereka yang ada di rumah.

6. Bisnis Kosmetik

Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik dan menawan? Nah ini bisa anda jadikan sebagai peluang untuk menghasilkan rupiah. Anda bisa menawarkan produk kecantikan kepada teman-teman anda.

Ada banyak jenis kosmetik yang bisa kita jual. Pertama tentu saja kita harus memakainya dulu, kemudian kita buat semacam testimoni pribadi untuk memikat pelanggan.

Untuk produk, kita bisa menjual produk dari berbagai produsen yang sudah terkenal dan terpercaya, dan pastinya terdaftar dalam POM.

Jika kita tidak memiliki dana cukup kita bisa juga melakukan dengan sistem dropshopping, dimana kita tidak perlu menyetok barang untuk menjualnya. Kita cukup bekerjasama dengan produsen, kita tawarkan calon pembeli alat kosmetik dari brosur dan gambar yang jelas, disini tentu saja kepercayaan menjadi hal yang utama. Maka dari itu, dari awal-awal kita harus membangun kepercayaan dari siapapun terutama tetangga kita, bahwa kita adalah orang yang jujur, jika ini tidak menjadi masalah, maka mengenai kepercayaan clear sudah.

Nah, saat calon pembeli sudah menentukan produk pilihannya, langkah selanjutnya adalah, kita memesan produk tersebut kepada produsen atau distributor, kemudian produsen akan mengirimkan barang yang kita pesan setelah kita melakukan proses pembayaran.

jadi disini kita adalah sebagai reseller yang akan mendapatkan keutungan dari selisih harga yang kita tawarkan dari harga pokok produsen atau distributor.

7. Bisnis Jilbab dan Gamis

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengenakan pakaian gamis dan hijab, maka kita harus bisa melihat peluang ini dengan baik. Jualan jilbab dan gamis menjadi salah usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan saat ini.

Kita bisa berjualan jilbab dan gamis secara offline, dengan cara menawarkan kepada tetangga, atau kerabat, terutama pada hari menjelang idul fitri, biasanya pesanan meningkat pesat. Apalagi kalau produk-produk kita bagus-bagus.

Selain menjualnya secara offline, kita juga bisa menjalankan bisnis ini secaa online dengan menggunakan social media yang kita miliki misalnya facebook, Instagram, BBM dan sebagainya. Untuk berjualan dengan menggunakan social media, pastikan kita memiliki banyak follower atau teman. Untuk strategi ini, biasanya jika kita rajin update status yang bermanfaat dan motivasi, kita bisa mendapatkan followers secara perlahan tapi pasti.

Untuk sistem penjualannya sendiri, kita bisa menyetok barang di rumah, ini tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi anda yang terbatas dalam hal modal, bisa melakukannya dengan sistem dropshopping, seperti yang sudah di jelaskan pada point nomor 6 di atas.

Ada banyak sekali situs-situ di internet yang menerima reseller. Dengan sistem dropshopping kita tidak perlu harus mengeluarkan modal untuk stok barang. Jadi sangat minim resiko.

Untuk langkah pertama tentu saja kita harus mengenakan produk tersebut. Ini tentu akan semakin menarik minat pelanggan, apalagi dengan memakai hijab dan gamis tersebut kita terlihat cantik. Pasti ibu-ibu akan sangat senang sekali untuk memesan barang kita.

jadi, kita sebagai model dari barang yang kita jual. Kalau enak diliahat, maka produk kita bisa dipastikan akan laris manis.

8. Jualan Aneka Keperluan Bayi

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah jualan aneka perlengkapan bayi. Kita bisa menjual aneka perlengkapan bayi secara offline anda online, sama dengan point nomor 7 di atas.

Kita bisa menemukan dengan mudah situs-situs atau toko yang siap bekerjasama dengan reseller, namun anda harus memastikan mereka adalah penjual yang terpercaya. Anda bisa menjual aneka mainan, perlengkapan harian bayi, makanan bayi, cemilan bayi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bayi hingga balita.

9. Menjadi Blogger

Menjadi blogger merupakan usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling ngehits saat ini. Ada banyak ibu rumah tangga yang menjalankan profesi sekaligus sebagai seorang blogger. Meskipun kita sibuk dengan urusan rumah tanggaa yang cukup banyak, profesi sebagai seorang blogger tetap bisa kita jalani.

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Aktivitas blogging bisa kita lakukan kapan saja, dan tidak terikat oleh waktu dan tempat. Sehingga mengenai waktunya ktia sendiri yang menentukannya.

Meskipun usaha sampingan saja, jangan anggap remeh porfesi yang satu ini. Sudah ada banyak contoh ibu rumah tangga yang terbukti sukses meraup puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari website yang mereka kelola dari rumah saja.

Syaratnya, tentu saja kitaa harus konsisten dan telaten. Karena kita harus terus menulis artikel secara konsisten, usahakan bisa setiap hari menulis hal baru dalam website kita. Kita bisa memulai aktvitas Blogging dengan memafaatkan fasilitas blogger.com atau wordpress.

Kalau kita mau belajar, gunakan fasilitas gratisan dari blogger dan wordpress. Silahkan buka saja blogger.com atau wordpress.com, kemudian kita daftar dengan menggunakan email. Misalkan alamat blog anda adalah: catatanbundamaya.blogspot.com, atau bundamayacurhat.wordpress.com.

Kedua contoh blog ini yang bisa menghasilkan uang dari iklan dari Google Adsense adalah yang catatanbundamaya.blogspto.com, karena blog di wordpress.com tidak masuk dalam kriteria Google Adsense.

Setelah kita mahir menggunakan blog gratisan, saatnya kita migrasi ke website berbayar. Dan ini akan membuat web kita menjadi lebih profesional.

10. Freelance

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya adalah freelance. Ada banya situs yang menyediakan job tertentu, seperti situs freelance, situs project, serba 5 ribu dan sebagainya. Disana banyak orang yang membutuhkan jasa dan skill kita.

Job yang ditawarkan biasanya berupa traslate buku atau ebook, desain logo, desain baju, desain rumah, dan sebagainya.

11. Buka Tempat Menjahit

Menjahit pakaian bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan. Memang, untuk menjahit kita butuh skill menjahit yang memadai, kalau tidak pasti pelanggan akan kecewa. Kalau anda punya skill yang mempuni anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai sampingan setelah mengerjakan pekerjaan rumah selesai.

12. Buka Katering

Jika anda pandai memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha katering kecil-kecilan di rumah. Anda bisa memulai dari tetangga ataupun mahasiswa yang ada di sekitar rumah anda. Usaha ini lumayan menjanjikan jika dijalankan, terutama jika kita berada di daerah perkotaan.

13. Les Privat

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah membuka kursus atau les privat. Anda bisa memulai dari anak-anak SD. Anda bisa mengajarkan mata pelajaran yang anda kuasai. Di daerah perkotaan biasanya orang tua tidak punya banyak waktu untuk mengajarkan anak mereka, nah ini adalah peluang untuk anda. Silahkan anda tawarkan jasa les privat, biasanya waktunya setelah ashar sampai sebelum maghrib. Tentu hal ini tidak mengganggu aktvitas kita sebagai ibu rumah tangga.

Bagaimana kira-kira sist? Dari 13 usaha sampingan ibu rumah tangga di atas, mana kira-kira yang menarik buat anda? Jika anda merasa masih belum jelas. Anda bisa menanyakan di komentar, insya Allah akan kami respon. Kalaupun anda butuh informasi lebih jelas, silahkan tanyakan kepada kami, kami akan bantu anda sebisanya, karena memang, point-point di atas belum dijabarkan ke hal-hal rinci dan teknis, akan butuh artikel tersendiri untuk menjabarkan masing-masing point, sebisa mungkin akan kami tulis pada artikel selanjutnya untuk panduan lebih lengkapnya.

Oh ya, meskipun ini usaha sampingan, namun jangan diremehkan ya, karena pelanggan akan tahu kita serius atau tidak, dan jika benar-benar kita seriusi hasilnya juga menjanjikan kok.

Semoga ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Jangan lewatkan juga 33 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Gravatar Image
Berani bermimpi besar untuk kenyataan yang lebih besar.

4 thoughts on “145 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.